Pemerintah Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan mengoptimalkan akses jalan dan jembatan di Desa Salikung dan Desa Sungai Kumap Kecamatan Muara Uya guna mendukung perekonomian warga setempat.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah mengatakan peningkatan kualitas jalan pada dua desa ini telah dilakukan sejak 2022.

Baca juga: Perbaikan jalan Muara Uya Tabalong Kalsel diharapkan segera rampung

"Sejak 2022 infrastruktur jalan di Desa Salikung dan Desa Sei Kumap mulai baik, target sudah bisa dituntaskan pada 2025," kata Hamida saat kunjungan kerja ke Desa Salikung dan Sungai Kumap, Rabu.

Hamida menuturkan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan ini sebagai upaya Pemkab Tabalong meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan yang cukup potensial di Kecamatan Muara Uya.

Selain itu, Hamida mengharapkan peningkatan kualitas jalan tersebut memudahkan masyarakat desa untuk memasarkan hasil kebun maupun membeli kebutuhan sehari-hari ke Kecamatan Muara Uya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tabalong Sunengsi mengatakan peningkatan kualitas jalan berupa cor beton sepanjang 3,9 kilometer dan delapan jembatan di Desa Salikung.

Baca juga: Anggota Dewan Tabalong tinjau perbaikan jalan Desa Salikung

"Untuk Desa Sungai Kumap ada dua jembatan dan tahun ini pengerasan jalan dengan cor beton sepanjang 3,9 kilometer di Desa Salikung," ucap Sunengsi.

Sunengsi menyebutkan termasuk rencana pembangunan box culvert sebanyak dua lokasi.

Kepala Desa Sungai Kumap Misran menambahkan sebelumnya warga harus menempuh perjalanan selama sehari menuju ibu kota Kecamatan Muara Uya untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

"Alhamdulillah sejak perbaikan jalan, kami bisa lebih cepat menuju kecamatan, sekitar dua jam dengan motor," ungkap Misran.

Baca juga: Wabup Tabalong usulkan perbaikan jalan Desa Santuun

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024