Balangan, (Antaranews Kalsel) - Memasuki tahun 2017,  PT Adaro Indonesia, Tbk, Tabalong - Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, merotasi jajaran manajemen di Divisi External Relations.

Leni Marlina, kini pimpin Goverment And Media Relations (GMR) Departemen Head PT Adaro Indonesia, Tabalong - Balangan, menggantikan Hikmatul Amin (2013 - 2016) yang kini memasuki masa purnabaktinya sebagai advisor dalam departemen yang sama di perusahaan tambang batubara terbesar tersebut.

Setidaknya ada enam karyawan PT Adaro Indonesia setempat yang memasuki masa purnabakti, yaitu Himatul Amin, Goverment & Media Relations Departemen Head, Thomas Fasenga, EDP Section Advisor, Wagiyo, Geotechnical Laboratory Supervisor, Supiannor QHSE Production Operator, Nurdin, CSR PRogram Foreman, Yantho CPBL Operator, dan Syamsul Bahri, Land Preparation Supervisor.

Leni Marlina, Selasa, (27/12) di Paringin berharap, hubungan kerjasama dan komunikasi dengan pemerintah, pers & media, serta masyarakat tetap bisa terjalin baik selama kepemimpinannya.

"Setiap program yang baik dari kepemimpinan terdahulu akan tetap kita lanjutkan dan terus kita tingkatkan, kemudian beberapa penambahan program dan lain sebagainya akan kita susun menyesuaikan segala kondisi masyarakat yang ada," ujarnya.

Goverment & Media Relations, merupakan salah satu departemen yang ada di bawah External Relation Division, yang menjadi ujung tombak membangun sinergi dengan pemerintah, birokrat, media, masyarakat, baik dari desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi, jelas Leni.

Dimana GMR memiliki dua wilayah, yaitu Tabalong - Barito Selatan, dan Balangan - Barito Timur, sebagaimana wilayah operasional adaro.

"Disisi lain, GMR juga dituntut menjalankan fungsi lain dalam menjaga isu publik, tugas tersebut menuntut GMR untuk mampu membangun komunikasi yang efektif dengan media massa. Bagaimanapun pers dan media turut menentukan dalam pembentukan informasi yang jujur, positif yang berdampak pada kebaikan dan kemaslahatan yang lebih luas," terangnya.

Terpisah, Hikmatul Amin saat melakukan gathering bersama awak media Tabalong-Balangan beberapa waktu lalu mengatakan, GMR berfungsi sebagai pendukung bagi aktivitas operasional PT Adaro Indonesia, agar kegiatan pertambangan bisa berjalan lancar.

Secara khusus ujar Hikmatul Amin, GMR memegang dua peranan, pertama menjalin hubungan denga pihak pemerintahan dan memastikan kegiatan pertambangan PT Adaro Indonesia memenuhi semua aspek peraturan yang berlaku, yang merupakan hukum mutlak untuk dipenuhi.

Dan kedua, GMR juga menjalin hubungan dengan insan Pers dan media massa, dari mulai media cetak, online, radio, dan televisi. Dimana peran Media dan Pers sangat penting dalam membentuk opini dan citra di masyarakat.

"Meskipun selama ini saya bertugas sebagai pimpinan GMR PT Adaro, namun saya tidak pernah menganggap jalinan hubungan dengan orang-orang di pemerintahan dan Pers hanya sebatas pekerjaan saja. Saya menganggap para stakeholder itu sebagai kawan dan rekan, sehingga jalinan hubungan bisa berjalan baik," ucapnya.

Terakhir ia berharap, dukungan dan support, serta jalinan komunikasi yang baik, juga diberikan kepada Goverment & Media Relations Dept Head yang baru, Leni Marlina, agar setiap isu dan perkembangan serta informasi yang benar tentang PT Adaro Indonesia Tabalong-Balangan, dapat tersampaikan kepada masyarakat dan pemerintah.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016