Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menciptakan sejumlah inovasi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada organisasi hingga partai politik.

“Inovasi yang baru kita ciptakan yaitu Kajember, Si Petes Urine dan Si Papah,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Balangan Syaifuddin Tailah di Balangan, Kamis.

Baca juga: H Syaifuddin Tailah duduki jabatan Kepala Badan Kesbangpol Balangan

Syaifudin menjelaskan ketiga inovasi tersebut. yakni Kajember (Kami Jemput Berkas), Si Petes Urine (Sistem Informasi Pelaksanaan Tes Urine ASN), dan Si Papah (Sistem Proposal Pengajuan Hibah Parpol).

Syaifudin menuturkan inovasi Kajember diperuntukkan bagi organisasi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, aksesibilitas dan partisipasi pada proses administrasi.

Kemudian, inovasi Si Petes Urine merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk memantau dan mengelola pelaksanaan tes urine bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selanjutnya, inovasi Si Papah bagi parpol untuk mengajukan permohonan bantuan partai.

Menurut Syaifudin, adanya inovasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi efisiensi administrasi dan hubungan antara pemerintah dengan organisasi masyarakat.

Baca juga: Upaya pencegahan narkoba di kalangan ASN Pemkab HST

Karena sejak implementasi inovasi sampai dengan terakhir pelaporan inovasi persentase organisasi masyarakat yang terlayani melalui inovasi Kajember mencapai 100 persen, di antaranya 50 persen sasaran organisasi masyarakat terlayani.

"Dengan adanya inovasi diharapkan ASN dapat menjaga integritas dan profesionalisme mereka, serta berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan bebas dari narkoba," ujar Syaifudin.

Adapun inovasi Si Petes Urine, berdasarkan data pelaksanaan tes urine untuk ASN yang dilaksanakan sejak 2021 sebanyak 100 ASN, 2022 (120 ASN) dan 2023 (175 ASN).

Sedangkan, manfaat inovasi Si Papah untuk transparansi dan akuntabilitas sesuai kebutuhan layanan yang dihasilkan mampu merespons sesuai dengan kondisi.

Baca juga: Bupati Kukuhkan Kepengurusan Forum Ormas Balangan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024