Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi peserta sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan serta Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Selasa (15/2) di Barabai.

"Pesertanya adalah ASN Eselon II dan III di lingkungan Pemkab HST dengan nara sumber Kepala BNN Balangan, Kapolres HST, Kejari HST dan Dandim 1002/HST," kata Kepala Badan Kesbangpol HST Mardiyono.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga merupakan sosialisasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi P4GN.

"Peserta nya sebanyak 90 orang, terdiri dari pejabat pimpinan pratama dan pejabat administrator  dari delapan SKPD di lingkungan Pemkab HST," katanya.

Ia menerangkan, tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah agar para pejabat atau kepala SKPD mempunyai perhatian yang sama terhadap upaya pencegahan narkotika di kalangan ASN.

Sedangkan Bupati HST H Aulia Oktafiandi menambahkan, untuk menanggulangi permasalahan narkotika tersebut, perlu kiranya dibangun kerjasama yang efektif dan efesien oleh segenap unsur Pemerintah maupun masyarakat.

Hal itu dikatakannya agar tercipta komitmen bersama untuk melakukan upaya P4GN, yaitu dengan melakukan kegiatan dan program yang terus menerus dan berkesinambungan, salah satunya melalui sosialisasi seperti ini.

"Saya mengharapkan agar hasil dari kegiatan ini dapat menambahkan wawasan para peserta dan dapat meningkatkan pula idealisme dan profesionalisme aparat Instansi Pemerintah terkait  dalam menjalankan tugasnya serta dapat disebar luaskan kepada sesama aparat instansi pemerintah dan masyarakat lainnya," tutup Aulia.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022