Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menggandeng Rumah Sakit (RS) Pertamina Tanjung untuk menanggulangi, meminimalisir risiko dan mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat bencana.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah mengatakan penanggulangan bencana merupakan urusan bersama dan lembaga usaha sebagai salah satu unsur pentahelix yang mempunyai peranan penting.

Baca juga: Kabupaten Tabalong status siaga darurat bencana

"Lembaga usaha didorong bukan hanya untuk berkontribusi melalui bantuan yang bersifat charity, tetapi juga membangun nilai kebencanaan dalam sistem organisasi," Hamida usia penandatangan nota kesepahaman antara Pemkab Tabalong dengan RS Pertamina di Tabalong, Rabu.

Hamida mengapresiasi Rumah Sakit Pertamina Tanjung yang telah bekerja sama dengan Pemkab Tabalong untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat saat menanggulangi bencana.

Selain itu, Hamida menuturkan semua pihak bisa bersinergi dan saling mendukung untuk menanamkan budaya sadar bencana kepada masyarakat, meminimalisir risiko dan mengurangi dampak akibat bencana.

Baca juga: Pemkab Tabalong gandeng Pertamina dalam penanggulangan bencana

Pj Bupati Tabalong didampingi Penjabat Sekda Tabalong Fitri Hernadi, Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong Haris Fakhroji dan Direktur RSPT dr. Jasril Hardiyanto menandatangani nota kesepahaman tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tabalong Haris Fakhrozi menambahkan korban dan para relawan pun berhak mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kami sangat berharap unsur masyarakat, dunia usaha dan pemerintah daerah bisa berkolaborasi dalam penanganan bencana," ungkap Haris.

Baca juga: Bupati Tabalong pimpin apel kesiapan penanganan bencana

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024