Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah bersama Pj Ketua TP PKK HSS Hj. Rusnawati Hermansyah menyerahkan bantuan program beasiswa Baznas pendidikan tahun 2024 untuk mahasiswa yang kuliah, bertempat di Pendopo Wakil Bupati HSS.

Ketua Baznas HSS A. Suriani di Kandangan, Selasa, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu pelaksanaan program pendistribusian dan pendayagunaan Baznas HSS di bidang Pendidikan.

"Untuk tahun ini terbagi dua kategori yaitu beasiswa perguruan tinggi kita sebanyak 30 mahasiswa atau mahasiswi dengan nilai bantuan sebesar Rp3 juta per triwulan sampai selesai, dengan rata-rata per tahun Rp3 juta sampai Rp6 juta dimulai sejak semester tiga," ujarnya.

Baca juga: Ratusan siswa SD dan SMP di HSS terima bantuan pendidikan

Dan untuk kategori kedua beasiswa insidental untuk pembayaran UKT satu semester pada tahun ini, pihaknya memberikan kepada 10 mahasiswa atau mahasiswi dengan nilai bantuan sebesar Rp3 juta.

Ia juga mengatakan bahwa adanya jenis bantuan ini merupakan dukungan Baznas HSS kepada pendaftar beasiswa yang masih terkendala secara ekonomi dalam pendidikan pada saat verifikasi lapangan, dengan total bantuan keseluruhan yang diserahkan sebesar Rp120 juta.

"Kita berharap dengan diserahkannya beasiswa tersebut bisa meringankan beban, sehingga mereka dapat terus fokus pada studi mereka tanpa terganggu oleh masalah finansial," terangnya.

Pj Bupati HSS Hermansyah, mengapresiasi program Baznas HSS yang sangat baik untuk membantu mahasiswa bisa meningkat kapasitas dan kapabilitas di perguruan tinggi, sehingga tidak terkendala biaya.

Baca juga: Rusnawati Hermansyah buka sunatan massal Baznas HSS

Menurut dia, meski tidak semua tidak bisa mendapatkan bantuan, namun paling tidak ini sebuah upaya membantu para mahasiswa agar bisa meningkatkan keuangan.

"Terima kasih kepada semua jajaran Baznas HSS yang telah memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa di Kabupaten HSS," ucapnya.

Selain itu, tidak salah kalau para muzaki menitipkan sebagai dari pendapatan untuk dikelola oleh Baznas HSS dalam membantu masyarakat Kabupaten HSS, dan pj berharap program ini terus berkesinambungan dan terus ditingkatkan.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024