Ratusan pegawai Kantor Kementerian Agama Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan aksi demo damai memprotes kepemimpinan Kepala Kemenag Rusmadi.

Aksi damai tersebut dilakukan sejak pukul 06.00 Wita sampai pukul 09.00 Wita di halaman kantor Kemenag setempat dengan memasang  spanduk penolakan, memprotes kepemimpinan Rusmadi yang terkesan arogan dan mempersulit urusan pegawai.

Dua spanduk terpantau ANTARA masih terpasang bertuliskan "Kami tidak mau Kepala Kemenag masuk ke kantor. Kami seluruh pegawai kemenag HSS kompak menolak Pak Rusmadi memimpin Kemenag HSS karena arogan, suka berkata-kata kasar dan mempersulit urusan pegawai.

Kemudian dilengkapi sebuah spanduk lainnya dengan bunyi " Kami warga Kemenag HSS menolak keberadaan H Rusmadi di Bumi Antaludin, dan, "Pimpinan yang Arogan, angkuh, dengan ucapan suka menekan dan mengadu domba pegawai Kemenag, agar angkat kaki dari Bumi Antaludin".

Baca juga: Rombongan jamaah haji asal HSS kloter 13 tiba di Kandangan

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha (TU) Kantor Kemenag HSS Fathurrahman, mengatakan sebelum ini aksi para pegawai sudah mengirim surat resmi ke Kantor Kemenag Kalsel, surat dikirim juga oleh KUA, madrasah, masyarakat, hingga MUI.

"Kami dari seluruh warga dari Kemenag yang ada di Kabupaten HSS menyatakan sudah tidak bisa menerima sikap pimpinan yang semena-mena," terangnya.

Menurut dia, banyak hal dilakukan Rusmadi selama ini yang tidak sesuai kebijakan, baik dari segi administrasi dan lainnya, parahnya sering mengucapkan kata-kata tidak pantas.

Selain itu, Rusmadi juga sering menolak tamu yang datang dan sering diarahkan ke bawahan, dan pihaknya pun menuntut agar Rusmadi dipindahkan atau angkat kaki dari Kantor Kemenag Kabupaten HSS.

Baca juga: Pemkab HSS salurkan dana hibah BOSDA lingkup kemenag dan PPG

"Kami berharap ke depannya bisa mendapat pimpinan yang bijaksana, bisa menerima aspirasi dan membimbing bawahan, membimbing umat dan masyarakat," harapnya.

Dari depan Kantor Kemenag HSS tampak pagar kantor terkunci dengan gembuk, kondisi ini mengakibatkan Kepala Kemenag HSS Rusmadi tidak bisa ke kantor, walaupun sempat terlihat hendak ke kantor namun kemudian Rusmadi putar balik.

Adapun untuk pelayanan untuk masyarakat yang ingin berurusan di kantor tersebut, harus melewati jalan tembus yang berada di samping Kantor Forum Koumunikasi Antar Umat Beragama, di Kantor Kemenang HSS.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag HSS Rusmadi yang dimintai keterangan dengan konfirmasi oleh wartawan belum membalas pesan, untuk meminta jawaban atas polemik yang terjadi di kantornya.

Baca juga: Satu Komisioner Bawaslu HSS langgar kode etik diberhentikan DKPP RI

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024