Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyalurkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) lingkup Kementerian Agama (Kemenag) HSS dan hibah Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

"Dana hibah ini diharapkan akan berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama dan PPG Guru PAI di daerah ini," kata Bupati HSS H Achmad Fikry dalam sambutan, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Kandangan, Jum'at.

Dijelaskan dia, dukungan dari pemerintah daerah untuk sektor pendidikan di lingkup kemenag, karena pihaknya menyadari akan pentingnya peran guru dan sekolah dalam membentuk generasi muda yang berkualitas.

Baca juga: 34 orang kepala sekolah dan pengawas di HSS dilantik

Dana hibah ini akan digunakan untuk berbagai keperluan operasional sekolah, termasuk pemenuhan kebutuhan belajar-mengajar, perbaikan fasilitas, dan pelatihan guru.

"Hal ini diharapkan dapat membantu sekolah-sekolah di HSS, dalam mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik," ucapnya, di aula Disdikbud HSS.

Adapun dana hibah yang diserahkan berupa BOSDA lingkup kemenag untuk Madrasah Ibtidaiyah dan  Madrasah Tsanawiyah, serta hibah PPG dalam jabatan guru PAI.

Baca juga: 151 mahasiswa berprestasi terima penghargaan dari Pemkab HSS

Jabatan guru ini baik dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), guru PAI Sekolah Dasar (SD), dan guru PAI Sekolah Menengah Pertama (SMP) di lingkungan Pemkab HSS.

Dengan rincian, BOSDA lingkup kemenag sebanyak yang diserahkan kepada 35 madrasah, dan hibah PPG dalam jabatan guru PAI diserahkan kepada sebanyak 131 orang.

Kemenag Kabupaten HSS mengapresiasi langkah bupati dalam mendukung pendidikan agama di daerah, mereka menyatakan bahwa hibah ini akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama dan PPG guru PAI.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023