Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan terus berupaya membangun ekosistem kemitraan yang kuat antara dunia pendidikan vokasi, dunia industri dan daerah melalui sinergi semua pemangku kepentingan.
 
Disampaikan Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Poliban H Ahmad Rizani di Banjarmasin, Jumat, upaya ini sudah dilaksanakan dengan duduk dalam gelar dialog publik program fasilitasi kemitraan di Provinsi Kalsel.

Baca juga: Dosen dan mahasiswa Poliban turun pengabdian masyarakat ke desa-desa
 
Menurut dia, kegiatan tersebut dalam rangka mengoptimalkan potensi daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat kolaborasi antara pendidikan vokasi dengan dunia industri.
 
Dia mengatakan, dengan adanya program ini bisa menghasilkan inovasi yang bermanfaat dan meningkatkan daya saing daerah.
 
"Hasil kajian workface planning dan innovation planning yang diseminasikan pada dialog publik itu merupakan bentuk nyata Poliban memberikan kontribusi positif dalam perencanaan tenaga kerja yang adaptif dan inovatif, tentunya diiringi dengan kerja sama dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, kami mengajak semua pemangku kepentingan untuk terus mendukung berbagai program kemitraan yang dilaksanakan," ujarnya.
 
Kegiatan yang dilaksanakan Poliban mendapatkan sambutan positif dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca juga: Poliban bantu majukan produk UMKM serbuk jahe merah wangi
 
Disampaikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemprov Kalsel Adi Santoso, mewakili Gubernur dirinya mengapresiasi Poliban karena telah memfasilitasi penyelenggaraan dialog publik ini.
 
Adi berharap, dialog publik yang dilaksanakan Poliban bisa menjadi sarana untuk berbagi wawasan serta menyelaraskan pendidikan vokasi dengan mitra industri di Banua.
 
"Kami Pemerintah Provinsi Kalsel siap memberikan pendampingan dan memfasilitasi kemudahan akses dalam rangka mempercepat transformasi pendidikan vokasi di Banua," ucap Adi.
 
Pada kegiatan dialog publik yang dilaksanakan 16 Juli 2024 di Banjarmasin, menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kerja Pemprov Kalsel Irfan Sayuti, Ketua Kadin Kalsel Hj Shinta Laksmi Dewi dan Kepala Bappeda Kalsel Dr Ir Ariadi Noor.
 
Dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa mitra industri daerah seperti Ombe Air Mineral Factory (PT. Panen Embun Kemakmuran), Perusahaan Daerah Sa-Ijaan Mitra Lestari Kotabaru, PT. Anakkayu Bangun Nusantara dan kampus Politeknik Unggulan Kalimantan.

Baca juga: Poliban bantu puluhan aparat desa kelola portal desa
 
Poliban gelar dialog publik program fasilitasi kemitraan di Provinsi Kalsel pada 16 Juli 2024 di Banjarmasin.
 

Baca link: Poliban
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024