Kelurahan Bukat, Kecamatan Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) memberdayakan masyarakat melalui pelatihan komputer.

Pelatihan komputer tersebut kembali menggandeng Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cakrawala Komputer sebagai pelaksana program, dan diikuti belasan peserta dari warga usia produktif di Kelurahan Bukat.

"Kita menyadari pentingnya keahlian mengoperasikan komputer bagi warga usia produktif, baik untuk mencari pekerjaan atau pun membuka usaha sendiri," kata Lurah Bukat Mahar Margito Praja Manggala, mengutip pers rilis LKP Cakrawala Komputer, di Barabai, Rabu.

Dijelaskan Manggala, dunia kerja saat ini tentu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, dan diharapkan melalui pelatihan ini para peserta dapat menambah wawasan dan memperoleh keterampilan di bidang komputer.
 
Pembukaan pelatihan dari kegiatan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Bukat di LKP Cakrawala Komputer, Barabai,
Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Senin (15/7/2024). (Antara/HO-LKP Cakrawala Komputer)

Baca juga: Warga Barabai Selatan ikuti pelatihan komputer hadapi era globalisasi

Para peserta diingatkan agar dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, mengikuti alur pembelajaran dan tata tertib pembelajaran dengan rajin dan tekun, agar diperoleh hasil pencapaian kompetensi yang optimal.

"Kami menitipkan para peserta pelatihan kepada LKP Cakrawala Komputer, untuk mendapatkan bimbingan dan pendampingan pelatihan, dan apabila ada hal-hal yang perlu ditanyakan para peserta jangan sungkan bertanya dengan para instruktur," pesannya.

Pimpinan LKP Cakrawala Komputer Norlaila Yuliyanti, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan kepada lurah dan jajaran Kelurahan Bukat atas pelaksanaan pelatihan di lembaganya,  sebagaimana tahun sebelumnya juga dilaksanakan.

Menurut dia, sangat percaya bahwa para peserta pelatihan dari Kelurahan Bukat akan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, karena rata-rata peserta masih berusia muda dan produktif tentu tidak sulit menangkap materi pelatihan.
 
Pembukaan pelatihan dari kegiatan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Bukat di LKP Cakrawala Komputer, Barabai,
Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Senin (15/7/2024). (Antara/HO-LKP Cakrawala Komputer)

Baca juga: Pelatihan komputer Kelurahan Barabai Utara tingkatkan kualitas SDM warga

"Para peserta ini merupakan warga pilihan dan beruntung mendapatkan kesempatan belajar komputer secara gratis tidak dipungut biaya, karena sudah ditanggung pembayarannya dalam program pemberdayaan masyarakat Kelurahan Bukat," ungkapnya.

Oleh karena itu, para peserta hendaknya menggunakan waktu dan kesempatan belajar tersebut untuk mengasah keterampilan, apalagi keterampilan mengoperasikan komputer sudah menjadi kebutuhan umum, termasuk untuk bekerja.

Peserta pelatihan Khairatun Nisa, mengatakan berkeinginan mengikuti pelatihan komputer karena ingin menambah keahlian serta mahir menggunakan komputer.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan Pak Lurah dan jajaran Kelurahan Bukat, serta untuk LKP Cakrawala Komputer sehingga saya serta teman-teman dapat mengikuti pelatihan," ucapnya.

Baca juga: Kelurahan Barabai Timur latih warga operasikan komputer
 
Pelatihan dari kegiatan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Bukat di LKP Cakrawala Komputer, Barabai,
Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Senin (15/7/2024). (Antara/HO-LKP Cakrawala Komputer)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024