Sejumlah warga Barabai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti pelatihan komputer untuk menambah keterampilan menghadapi era globalisasi.

"Kita semua tahu saat ini semua data telah diolah dengan teknologi, perlu kecakapan yang mumpuni bagi tenaga terutama warga pada usia produktif di wilayah Kelurahan Barabai Selatan," kata Lurah Barabai Selatan Anuari Delmi di Barabai, Kamis.

Anuari mengharapkan para peserta dapat mengikuti pelatihan komputer dengan baik dan tekun agar mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga menghasilkan "output" tenaga kerja kompeten.

Baca juga: Kelurahan Barabai Timur latih warga operasikan komputer

Anuari menuturkan pihak lurah menggandeng LKP Cakrawala Komputer sebagai pelaksana untuk melaksanakan pelatihan komputer bagi warga setempat dengan materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, serta mudah diaplikasikan pada kegiatan sehari-hari.

"Semoga dengan mengikuti pembelajaran dengan rajin dan tekun, para peserta kita nantinya mahir menggunakan komputer, dan apabila ada hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan kepada instruktur atau pengajar agar disampaikan dalam memperdalam materi yang diikuti," ucap Anuari.

Pimpinan LKP Cakrawala Komputer Barabai Norlaila Yuliyanti menyebutkan lembaga pelatihan tersebut memfokuskan pusat keterampilan berbasis komputer.

Baca juga: Pelatihan komputer Kelurahan Barabai Utara tingkatkan kualitas SDM warga
 
Salah satu peserta mengikuti pelatihan komputer di Kelurahan Barabai Selatan, Barabai, Hulu Sungai Tengah,
Kalimantan Selatan, Kamis (27/6/2024). (ANTARA/HO-LKP Cakrawala Komputer)


Norlaila mengemukakan peserta didik yang berpartisipasi harus aktif selama pelatihan untuk poin penting saat evaluasi, mengukur keberhasilan pembelajaran mencapai tingkat kompetensi yang dibutuhkan.

"Kami pun ingin para peserta didik dapat rajin dan tekun mengikuti pembelajaran karena kemauan belajar akan memberi motivasi besar dalam kelancaran pembelajaran, begitupun pencapaian lainnya pada masa mendatang," ungkap Norlaila.

Norlaila pun membuka diri terhadap masukan dan saran membangun untuk peningkatan materi pembelajaran, serta akan disesuaikan dengan diakomodasikan materi yang disampaikan, dan  tidak hanya seputar keterampilan komputer namun juga terkait pengembangan diri para peserta didik.

Salah satu peserta didik Karima mengapresiasi pelatihan komputer secara gratis tersebut dan memotivasi diri untuk menambah pengetahuan dan wawasan keterampilan mengoperasikan komputer,"

"Insya Allah kami ikuti dengan baik dan tuntas," kata Karima.

Baca juga: Instruktur kursus : Mengajar online serasa menjadi penyiar

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024