Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru menggelar pemilihan nanang dan galuh kebudayaan 2024, untuk dijadikan sebagai duta Kotabaru, baik dalam hal kepariwisataan atau yang lainnya.

Asisten I Setda Kotabaru H Minggu Basuki, mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu Langkah Pemda dalam upayanya untuk mempromosikan Kotabaru sebagai daerah tujuan wisata, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Saya berharap agar kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk mencari sosok yang manis secara fisik, tetapi juga mencari sosok putra putri daerah yang lebih mengutamakan bakat dan karakter yang baik sehingga tidak hanya mampu mempromosikan kebudayaan tetapi juga dapat menjadi tauladan, pelopor, motivator, ataupun remaja yang lain dalam bermasyarakat," kata Minggu Basuki, melalui siaran pers, Sabtu (13/7). 

Pemilihan nanag galuh ini melibatkan dewan uri, H Ahmad Fitriadi Fazriannor, juri Sejarah Banjar, Abdul Sani S. juri Kebudayaan, Rahmad Nor Fadli, juri Organisasi, Candra Hartono juri Kepribadian, dan Puspa Ramadayanti, juri Bahasa Asing.

Finalis Nanang Galuh Kebudayaan terpilih 2024 ada 16 orang, di antaranya, Stefanus Wibowo, Galuh 2024 Masya Aulia Khusnul Khatimah, Nanang Wakil I M. Rizki Pratama, Galuh Wakil I Rahma Dwi Sulistia, Nanang Wakil II M. Fathan Nurqolby, Galuh Wakil II Gizza Razwa Paulina. 

A, Nanang Wakil III Surya Widana Putra, Galuh Wakil III Zahra Septi Suci Ananta, Nanang Wakil IV Akhmad Brilian Wijaya, Galuh Wakil IV Riona Reva Nisa, Nanang Wakil V M. Syauqi Abiyyu Khairi, Galuh Wakil V Zahratus Salsabila, Nanang Persahabatan Ahmad Mufti Ali, Galuh Persahabatan Noor Mutmainah, Nanang Berbakat M. Zulfa Assabiq, Galuh Berbakat Miranda Bastian Nur, Nanang Terfavorit Akhmad Brilian Wijaya, Galuh Terfavorit Noor Mutmainah.

Harapannya Pemilihan Nanang Galuh Kebudayaan 2024 ini dapat melestarikan budaya daerah khususnya budaya banjar dikalangan generasi muda mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya agar unsur-unsur budaya Banjar mendapatkan tempat di masyarakat Kotabaru yang multikultur, membantu melestarikan dan mempromosikan sekaligus mempertahankan budaya daerah yang ada di Kabupaten Kotabaru.


 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024