Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, segera mengembangkan tiga pelabuhan di daerah ini agar bermanfaat lebih maksimal sebagai pusat keluar masuknya arus barang antardaerah maupun antarprovinsi.

General Manager Pelindo III Banjarmasin, Fariz Hariyoso di Banjarmasin Jumat mengatakan, pihaknya akan segera mengimplementasikan rencana pengembangan tiga pelabuhan tersebut, yaitu Pelabuhan Basirih, Trisakti dan Martapura Lama.

Menurut Fariz, bukan hanya pengembangan pelabuhan, pengembangan akses jalan di pelabuhan juga menjadi perhatian serius untuk meningkatkan pelayanan.

"Kita juga akan terus meningkatkan investasi alat, untuk memperlancar arus barang, sehingga bisa menurunkan biaya logistik," katanya.

Fariz Hariyoso, baru satu hari dilantik sebagai GM Pelindo III Banjarmasin menggantikan Hengki Jajang Herasmana, yang dipindahtugaskan, untuk menempati jabatan baru sebagai Direktur Utama PT Portek Indonesia, anak perusahaan Pelindo III dan Jepang, yang bergerak dibidang perawatan alat berat, dengan ruang lingkup kerja di seluruh Indonesia.

Sedangkan Fariz Hariyoso, sebelumnya General Manager Pelindo III Tanjung Intan Cilacap tersebut, pernah bertugas cukup lama di Pelabuhan Banjarmasin.

Fariz tercatat telah mengabdikan dirinya di Pelabuhan Banjarmasin sejak 2003, hingga jabatan terakhir sebagai Manajer Palayanan Kapal dan Komersial, sebelum dipindah ke Tanjung Intan Cilacap.

"Saya tetap ingin belajar dengan Hengki yang dikenal detail dan teliti dalam melakukan setiap pekerjaan," kata Fariz.

Menurut Fariz, untuk mempercepat pemenuhan pengembangan infrastruktur pelabuhan, termasuk akses jalan, pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah untuk peningkatan akses jalan, sehingga bisa memperlancar arus logistik.

Kadishub Kalsel Rusdiansyah berharap, pengembangan pelabuhan bisa cepat terwujud untuk meningkatkan perekonomian daerah, yang kini terus berkembang cukup pesat.

Selain itu, tambah dia, menghadapi momentum Natal dan Tahun Baru 2017, diharapkan Pelindo bersama instansi terkait menggelar posko bersama, sebagai rutinitas yang telah berlangsung beberapa tahun terakhir.

Menurut dia, Kalsel merupakan salah satu daerah yang perlu mendapat pengawasan dari tindak pidana melalui jalur darat, laut dan udara.

Sebelumnya, dilaksanakan pisah sambut Pejabat General Manager Pelindo III Banjarmasin yang dihadiri Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Direktur Umum dan SDM Pelindo III Toto Heliyanto serta mitra kerja lainnya di gelar di Ballroom Calamus Rattan Inn Banjarmasin.

Pewarta: Herry Murdy

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016