Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi menilai kegiatan Turdes Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama rombongan di Desa Awang Besar tidak hanya untuk menyalurkan bantuan tetapi yang utama untuk menampung berbagai aspirasi dari masyarakat desa terkait pembangunan daerah.

“Kegiatan Turdes adalah salah satu kerja nyata dari pemerintah untuk mendengarkan aspirasi dan memberi bantuan dengan turun langsung ke lapangan,” kata Aulia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Minggu.

Dia menyebutkan kegiatan Turdes itu dirangkaikan dengan penyerahan berbagai bantuan baik dari Pemerintah Porvinsi (Pemprov) Kalsel maupun dari Pemkab HST.

“Atas nama Pemkab HST, saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel dan rombongan karena telah berkunjung ke daerah kami di Bumi Murakata,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati HST menyambut secara langsung rombongan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Raudatul Jannah dalam kegiatan Turun ke Desa (Turdes) Menembus Batas ke-10 di Desa Awang Besar, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Rombongan Turdes tiba disambut dengan antusias dari masyarakat hingga pelajar.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan Turdes menembus batas ke 10 bertajuk “Bergerak Dengan Kekuatan Rakyat Menuju Indonesia Emas”.

“Kegiatan Turdes untuk menyerap aspirasi dan menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat,” kata Sahbirin.

Kegiatan Turdes Gubernur Kalsel dirangkaikan dengan penanaman pohon di halaman Puskesmas Desa Awang Besar, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan layanan identitas kependudukan digital, peninjauan sunatan massal, dan peninjauan pelayanan kesehatan di Puskesmas Awang Besar.

Selanjutnya, penyerahan beberapa bantuan kepada masyarakat, di antaranya penyerahan kursi roda dan paket sembako dari Ketua TP-PKK Kalsel.

Kemudian bantuan dari Pemprov Kalsel kepada masyarakat berupa makanan tambahan balita, paket gemar makan ikan, bendera merah putih, makanan tambahan untuk ibu hamil, paket sembako, 25 paket tumbuh kembang anak kepada anak dan remaja.

Berikutnya, bantuan Bumdes untuk ketahanan ekonomi keluarga Desa Durian Gantang Kecamatan Labuan Amas Utara sebesar Rp100 juta, paket sunatan masal, paket cegah stunting dan bantuan untuk anak sekolah. 

Bantuan terakhir, yakni sektor pertanian meliputi bantuan intensifikasi tanaman karet berupa pupuk NPK untuk lahan 350 hektare senilai Rp1.312.500.000, seragam PPL sebanyak 272 stel, bantuan jalan usaha tani (JUT) 500 meter, bantuan optimalisasi lahan pertanian seluas 1.850 hektare, bantuan sarana produksi pertanian tanaman pangan dan hortikultura seluas 20 hektare.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024