Penjabat Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan  Hj Hamida Munawarah memaparkan capaian kinerjanya selama  tiga  bulan masa jabatan di hadapan tim evaluator  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta,  Selasa (2/7).

Tim  evaluator Kemendagri   menilai 10 indikator capaian  kinerja Pj Bupati Tabalong sangat baik dengan berbagai catatan penting di sejumlah aspek sebagai bahan evaluasi kinerja.

"Capaian kinerja dinilai baik dengan beberapa  catatan penting   dari tim evaluator sebagai bahan evaluasi kinerja selanjutnya," jelas Kabag Tata Pemerintahan Setda Tabalong Gusti Judid Ihsan Permana   di Tabalong, Selasa.

Capaian kinerja yang disampaikan PJ Bupati Tabalong  diantaranya pengendalian  tingkat inflasi di Kabupaten Tabalong hingga 0,08 dan masuk 20 besar daerah 
dengan tingkat inflasi terendah se- Indonesia.

Penanganan  secara holistik dari hulu hingga ke hilir berupa  peningkatan  sarana dan prasarana pertanian, gerakan menanam hortikultura hingga operasi pasar  upaya  Pemkab Tabalong menjaga  inflasi. 

Di bidang kesehatan Hamida juga menyampaikan keberhasilan menekan stunting  dengan  memaksimalkan peran Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) serta melaksanakan lokakarya stunting setiap bulan.

Hasilnya kasus stunting di "Bumi Saraba Kawa" ini turun  sekitar 100 kasus dalam kurun waktu tiga  bulan sejak Maret hingga Mei 2024.

Termasuk mengoptimalkan  sarana fasilitas kesehatan, jumlah tenaga kesehatan serta sosialisasi program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Aspek kualitas pelayanan publik dari hasil  survey kepuasan masyarakat atas layanan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Tabalong selama 3 bulan terakhir dengan kategori A atau  nilai rata – rata 93,53 persen.

Mall Pelayanan Publik Kabupaten Tabalong sendiri beroperasi sejak tahun 2020 dan  saat ini memiliki 26 outlet layanan dengan jumlah layanan berjumlah 274 layanan. 

Hal ini berimplikasi pada kemudahan perijinan yang tercatat sejak Januari – Mei 2024 sudah ada 1.658 perijinan yang sudah diterbitkan.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024