Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah disambut PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan listrik "tanpa kedip" selama kegiatan tersebut berlangsung.
 
General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin di Banjarbaru, Senin, mengatakan sejumlah lokasi yang menjadi pusat kunjungan kerja Presiden bersama rombongan mendapatkan suplai listrik dengan pengamanan berlapis.

Baca juga: Menteri BUMN apresiasi gerak cepat PLN hadirkan energi bersih di IKN
 
"PLN menyiapkan pengamanan suplai listrik secara berlapis di lokasi kunjungan kerja Presiden selama berada di Kalteng untuk memastikan keamanan dengan suplai utama dari jaringan PLN," ujar Joharifin.
 
Disebutkan Joharifin, pengamanan suplai listrik didukung sebanyak 135 personel siaga tersebar pada lokasi kunjungan serta ratusan personel yang juga bersiaga di Gardu Induk prioritas kunjungan Presiden Jokowi.
 
"Ada enam Gardu Induk yang ekstra siaga, yakni Gardu Induk Amuntai, GI Buntok, GI Palangka Raya, GI Kasongan, GI Sampit serta GI Bagendang. Kemudian di back up 10 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) kapasitas 6 hingga 250 kilo Volt Ampere (kVA)," ujar Joharifin.
 
Selain itu, PLN juga menyiapkan sebelas unit genset mobile dengan total daya hampir 5.000 kVA yang tersebar di seluruh lokasi kunjungan dan menerapkan siaga kelistrikan didukung petugas siaga 24 jam.

Joharifin menjelaskan peralatan tersebut bekerja sesuai "Standard Operating Procedure" serta menggunakan teknologi "Automatic Transfer Switch" (ATS) untuk mengamankan suplai listrik jika terjadi gangguan.
 
"Alhamdulillah, pasokan listrik aman tanpa kedip di seluruh titik yang dikunjungi Presiden Jokowi dan menjadi kebanggaan bagi kami dapat mengawal kunjungan kerja presiden dan rombongan sehingga berjalan lancar," ucap Joharifin.

Baca juga: PLN UID Kalselteng hadirkan "Easy On" beri kemudahan penyambungan baru listrik
Salah satu petugas PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalselteng bertugas mengamankan pasokan listrik saat kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Kalimantan Tengah selama dua hari pada 26-27 Juni 2024. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kalteng selama dua hari pada 26-27 Juni 2024.

Presiden turut didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi serta Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.
 
Presiden Jokowi meresmikan pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi sarana pendidikan Gedung Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya dan menyapa warga di Palangka Raya Mall, kemudian meninjau stok beras dan menyerahkan bantuan cadangan pangan di Ibu Kota Kalimantan Tengah tersebut pada Rabu (26/6). 

Baca juga: PLN resmikan Gedung ULP Ahmad Yani perkuat layanan pelanggan di kota terpadat Kalsel
 
Presiden Jokowi berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan bantuan pompa untuk pengairan sawah dan pertanian (pompanisasi) di Desa Bapeang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng.
 
Presiden bersama rombongan juga memantau kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan dan RSUD Tamiang Layang serta memberikan bantuan beberapa peralatan medis modern. 
 
Selanjutnya, Presiden Jokowi mengecek harga kebutuhan masyarakat di Pasar Pata Katingan, Pasar Temenggoeng Djaja Karti Barito Timur, juga Pasar Beringin di Buntok sebelum kembali bertolak ke Jakarta.

Baca juga: PLN UID Kalselteng tingkatkan pertumbuhan penjualan hingga 9,98 persen

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024