Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melaksanakan turun ke desa (turdes) 2024 untuk ke-10 kalinya menggunakan motor trail. Rute turdes kali ini direncanakan hingga 1.100 kilometer.
 
Disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel M Fitri Hernadi di Banjarbaru, Senin, rute turdes Gubernur Kalsel dimulai dari Kantor Gubernur Kalsel di Kota Banjarbaru hingga menjelajah 11 kabupaten/kota dari 1-6 Juni 2024.

Baca juga: Dispusip Tanah Laut lanjutkan "Gemar Membaca" pada 2024
 
"Rute pak gubernur dan rombongan untuk turdes sudah disiapkan, akan menjalankan 12 kabupaten/kota," ucapnya.
 
Rute turdes kali ini, ucap Fitri, lebih panjang dari sebelumnya, yakni, 1.100 kilometer, pada turdes 2023 memecahkan rekor MURI sepanjang 1.000 kilometer.
 
Turdes ini pun, Gubernur Kalsel beserta 306 rider dan 148 mobil yang mengangkut logistik, termasuk logistik untuk bantuan bagi masyarakat di titik-titik yang ditentukan.
 
Dinyatakan, lebih 700 peserta mengikuti turdes yang bertema "Menembus Batas ke-10, Bergerak dengan Kekuatan Rakyat Menuju Indonesia Emas, Gerakan Cinta Banua" tersebut.
 
Berbagai kegiatan misi sosial maupun kemanusiaan, penghijauan dan lainnya dilaksanakan sebagaimana turdes tahun sebelumnya.

Baca juga: Pj Bupati: Tujuan Turdes Insting ke desa untuk pengendalian inflasi
 
Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa Paman Birin juga berkomitmen ingin langsung melihat kondisi masyarakat di desa-desa, khususnya desa terpencil.
 
"Kepada semua pasukan, dijaga keamanan dan keselamatan, itu yang utama. Tidak ada yang balap-balapan, semua kita usahakan terukur dan mudah-mudahan kita mendapatkan keselamatan dalam perjalanan yang kurang lebih akan dilaksanakan selama enam hari ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Koordinator turdes menembus batas ke-10
Fathimatuzzahra menyampaikan, kegiatan yang akan dilaksanakan ini akan berhenti di 16 titik di 12 kabupaten/kota di Kalsel.
 
Fathimatuzzahra juga menyampaikan, bahwa Paman Birin mengharapkan kegiatan ini akan bisa langsung diterima dan bermanfaat bagi masyarakat di semua titik pemberhentian.

Baca juga: Pj Bupati: Jangan sampai narkoba masuk ke desa
 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat memulai perjalanan turdes ke-10 yang direncanakan menempuh jarak hingga 1.100 kilometer dari 1-6 Juni 2024 dimulai dari depan kantor Gubernur Kalsel di Kota Banjarbaru, Senin (1/7/2024). (ANTARA/Sukarli)
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024