Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiapkan rancangan teknokratik berupa dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2025-2029 sebagai acuan pembangunan bagi peserta yang akan memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Kami menggelar orientasi penyusunan rancangan teknokratik RPJMD Tapin 2025-2029. Kegiatan ini sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, rancangan teknokratik RPJMD ini disiapkan sebelum terpilihnya kepala daerah yang baru,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Tapin Sufiansyah di Rantau, Tapin, Minggu.

Baca juga: Pemkab Tapin paparkan 10 aspek keberhasilan pembangunan ke Kemendagri

Dia menjelaskan berkenan dengan pelaksanaan Pilkada 2024, Pemkab Tapin menyiapkan rancangan teknokratik RPJMD sebagai bentuk dukungan menyukseskan pilkada dalam menentukan pemimpin terbaik bagi daerah.

“Pemerintah daerah berkewajiban mendukung kesuksesan Pilkada 2024 yang secara serentak digelar  di Indonesia. Kami menyiapkan data dan informasi pembangunan bagi para kontestan pilkada,” ujarnya.

Menurut Sufiansyah, rekomendasi para teknorat yang terlibat dalam penyusunan RPJMD  ini juga menjadi acuan para calon kepala daerah terkait visi, misi, dan program prioritas. 

Oleh karena itu, kata dia, pada orientasi ini perlu penjelasan substansi dari seluruh perangkat daerah terkait tugas pokok dan fungsi masing-masing perangkat daerah dengan menyertakan capaian pembangunan yang telah dilakukan.

Baca juga: Pemkab Tapin gelar Bimtek mitra kerja

Sementara itu, Kepala Bappelitbang Tapin Meidy Harris Prayoga mengatakan penyusunan rancangan ini paling lambat diselesaikan pada minggu keempat Juli 2024, dan selanjutnya dikoordinasikan dengan KPU Tapin sebagai penyelenggara. 

"Hasil orientasi nantinya tersusun penjadwalan dan tim penyusun, serta tatacara substansi penyusunan yang berikutnya digelar ekspos," ujar Meidy. 

Penyusunan rancangan teknokratik RPJMD Tapin 2025-2029 juga melibatkan para staf ahli bupati, asisten, Kepala OPD, Camat, Kepala Bagian Direktur RSUD Dtau Sanggul, hingga pejabat yang menangani perencanaan dan pelaporan ke setiap OPD.

Baca juga: Pj Bupati Tapin ajak masyarakat bantu petugas pemutahiran data Pilkada

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024