Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan menghibahkan anggaran sebesar Rp52,7 miliar untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Dana Rp52,7 miliar telah disalurkan ke KPU, Bawaslu, TNI, dan Polri," kata Kepala Bakesbangpol Tanah Laut Muhammad Syahid di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kamis.

Baca juga: Bupati imbau warga gunakan hak pilih pada pilkada 2020

Syahid sempat mendampingi Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman dan pejabat lain untuk mengikuti arahan Mendagri RI secara daring terkait Fasilitasi dan Koordinasi Dukungan Pilkada Serentak 2024 di Sekretariat Daerah (Setda) Tanah Laut, Kamis.

Syahid menuturkan Pemkab Tanah Laut telah menyalurkan dana hibah pilkada melalui Tahun Anggaran (TA) 2023 dan 2024.

Berdasarkan data Bakesbangpol Tanah Laut Tahun Anggaran 2023, Syahid mengungkapkan KPU Tanah Laut telah menerima hibah sebesar Rp31,6 miliar dan Bawaslu Tanah Laut sekitar Rp12 miliar.

Sedangkan pada TA 2024, jelas dia, Polres Tanah Laut telah menerima dana hibah untuk pengamanan pilkada sebesar Rp5,7 miliar dan Kodim 1009/ Tanah Laut mencapai Rp3,4 miliar.

"Semua dana hibah sudah disalurkan, sehingga tinggal pelaksanaan saja," ujar Syahid.

Baca juga: KPU mulai melakukan coklit Pilkada 2020

Lebih lanjut, Syahid menyebutkan sumber dana hibah tersebut merupakan dana cadangan Pemkab Tanah Laut telah dibentuk dan ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pembentukan Dana Cadangan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Syahid mengungkapkan total realisasi pembentukan dana cadangan mencapai Rp75 miliar yang terbagi pada tiga Tahun Anggaran, yakni Perubahan APBD TA 2021, APBD TA 2022, dan APBD TA 2023.

Bakesbangpol Tanah Laut telah menyalurkan dana hibah bagi partai politik dan menjalankan berbagai program dukungan, seperti pembangunan gudang logistik di sekretariat KPU, bantuan personel Pemkab Tala untuk Sekretariat PPK hingga pendampingan tenaga linmas, sosialisasi pelaksanaan Pilkada serentak, serta pendidikan politik bagi pemilih pemula maupun masyarakat desa.

Baca juga: Sukamta : Program Kamta-Abdi Rahman Masuk KUA-PPAS 2019

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024