Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 11 kabupaten dan kota di wilayah Kalimantan Selatan, akan menerima penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka hari HAM sedunia.

"Kementerian Hukum dan HAM akan memberikan penghargaan kepada sejumlah kabupaten/kota yang peduli HAM," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel Imam Suyudi di Banjarmasin, Rabu.

Dia mengatakan, penganugerahan penghargaan kabupaten/kota peduli HAM tersebut direncanakan diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Penganugerahan penghargaan itu diberikan kepada 10 gubernur, 228 bupati/walikota dan 12 Kakanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia.

Pemberikan penghargaan kepada sejumlah kabupaten/kot peduli HAM itu akan digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (08/12).

"Alhamdulillah, tahun ini ada 11 kabupaten/kota di Kalsel yang akan mendapatkan penghargaan HAM," ucap pria bertubuh jangkung itu.

Terus dikatakannya, penghargaan yang diberikan itu sebagai pemicu pemerintah kabupaten/kota agar mengimplementasikan beberapa hal di antaranya Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), Strategi Nasional Akses terhadap Keadilan.

Selanjutnya, mendukung implementasi kebijakan three plus track (pengentasan kemiskinan, pertumbuhan pekerjaan dan peduli lingkungan hidup) serta Pelaksanaan Millenium Development Goals (MGDs).

Dijelaskan lebih lanjut, HAM tidak selalu identik dengan pelanggaran ataupun permasalahan, tapi HAM disini dalam konteks pemerintah daerah membangun daerahnya menjadi layak dijadikan sebagai tempat hidup.

"Peduli HAM berarti memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik," tuturnya.

Imam Suyudi juga mengatakan perhatian Pemerintah Daerah Kalsel sangat tinggi dalam rangka menciptakan kabupaten /kota yang ramah dan pedui HAM.

Untuk diketahui, 11 kabupaten/kota di Kalsel yang menerima penghargaan peduli HAM itu di antaranya Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tapin.

Selanjutnya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan serta Kabupaten Tabalong.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016