Sebanyak 15 orang warga Desa Sungai Batung Kecamatan Juai Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mengoperasikan alat berat ekskavator.

“Alhamdulillah beberapa pemuda telah melaksanakan pelatihan alat berat yang bekerja sama dengan LPK Budi Luhur selama beberapa hari ke depan,” kata Penjabat Kades Sungai Batung Samsul Bahri di Balangan, Sabtu.

Baca juga: Pemkab Balangan siapkan SDM terampil melalui pelatihan alat berat

Samsul menuturkan pelatihan tersebut menjadi program unggulan dan berkelanjutan untuk menciptakan masyarakat yang kreatif dan mandiri sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sungai Batung.

Selain itu, Samsul juga berharap para peserta dapat memiliki kemampuan dan keterampilan untuk melamar pekerjaan pada bidang alat berat perusahaan swasta maupun perusahaan batu bara.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan Sendy mengapresiasi pihak desa maupun LPK Budi Luhur yang telah melaksanakan program pelatihan alat berat ekskavator.

Baca juga: Adaro perkuat kompetensi guru PAUD tingkatkan status gizi anak Balangan

“Dengan adanya pelatihan ini saya sangat terbantu sekali dalam meningkatkan kemampuan serta menambah pengalaman, tentunya untuk melamar pekerjaan nanti,” ucap Sendy.

Sendy juga berharap agar pelatihan ini dapat terus dilaksanakan agar masyarakat lain juga dapat merasakan pelatihan alat berat ini untuk meningkatkan kemampuan.

Pada kesempatan yang sama, instruktur pelatihan alat berat ekskavator dari LPK Budi Luhur Ryan Alfianor mengungkapkan pelatihan tersebut diikuti 15 warga dari Desa Sungai Batung.

Ryan menambahkan pelatihan tersebut dilaksanakan selama enam hari terbagi sehari untuk teori dan lima hari praktek lapangan.

Baca juga: Polres Balangan adakan pelatihan mengemudi untuk warga

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024