Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi Layanan Sertipikat Jemput di Tempat (LaserJet) yang merupakan inovasi Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

"Tentunya lebih aman, lebih mudah diurus juga, dan tidak perlu perantara, jadi warga benar-benar langsung bertemu dengan para petugas BPN," kata AHY melalui keterangan tertulis dari Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Menteri AHY ingin modernisasikan seluruh kantor pertanahan

AHY menuturkan layanan tersebut memudahkan masyarakat dengan menggunakan mesin dan sistem, sehingga lebih efisien, tidak ada pungutan liar dan cepat.

Menteri AHY menjadwalkan meninjau implementasi LaserJet di Kantah Kabupaten Badung pada sela-sela pelaksanaan Reforma Agraria Summit 2024 di The Meru Sanur, Bali mulai Jumat-Sabtu (14-15 Juni 2024).

Melalui LaserJet, masyarakat bisa mengurus langsung layanan pertanahan, seperti peningkatan Hak dan Roya. Jika persyaratan lengkap, sertipikat yang baru, bisa langsung diterima masyarakat di hari yang sama. Hal ini memungkinkan dengan penerapan Sertipikat Tanah Elektronik se-Provinsi Bali.

Program LaserJet diresmikan sejak 2022 dengan mengkolaborasikan Mobil Layanan Elektronik yang diresmikan Menteri ATR/Kepala BPN pada 21 Mei 2024, sehingga jangkauan layanan semakin luas.

Baca juga: Wakil Ketua Komisi II DPR RI apresiasi kinerja Kementerian ATR/BPN

Menteri AHY berharap terobosan yang dilakukan Kantah Kabupaten Badung bisa menginspirasi kantah lain untuk memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat mendapatkan layanan pertanahan.

"Kita menyampaikan kisah sukses ini kepada provinsi lain, tentunya setiap kantah dan kantor wilayah memiliki sumber daya berbeda, namun yang jelas kami sedang berupaya menggalakkan program semacam ini," tutur Menteri ATR/Kepala BPN.

Pada kunjungan ke Kantah Badung tersebut, Menteri AHY didampingi Pembina IKAWATI ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono, sejumlah Staf Khusus dan Tenaga Ahli, Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali.

Baca juga: Menteri AHY sampaikan realisasi kinerja ke Komisi II DPR RI

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024