Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri menyebutkan kegiatan bakti sosial yang rutin dilaksanakan kepolisian sebagai upaya untuk mempererat hubungan anggota Polri dengan masyarakat.

“Bakti sosial merupakan salah satu upaya Polri hadir di tengah-tengah keterbatasan ekonomi masyarakat,” kata Kabag Gaktibplin Biro Provos Div Propam Polri Kombes Pol Joas Feriko Panjaitan usai membagikan sejumlah paket sembako kepada masyarakat prasejahtera di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis.

Baca juga: Divpropam Mabes Polri periksa kedisipinan anggota Polresta Banjarmasin

Propam Polri bersama Polresta Banjarmasin melaksanakan sejumlah agenda di Kota Banjarmasin sebagai rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-78 yang diperingati pada 1 Juli mendatang.

Polri membagikan paket sembako kepada ratusan masyarakat dan sejumlah tukang becak di wilayah Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Banjarmasin.

Kombes Joas menjelaskan kegiatan ini juga bagian dari upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), apalagi saat ini tahap persiapan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak se-Indonesia yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

Baca juga: Polri ungkap baku tembak antaranggota Propam

Karena itu, Joas meminta jajaran Polri di Banjarmasin untuk menjaga suasana kamtibmas agar masyarakat tertib dan tetap merasakan keamanan dan kenyamanan.

Selain mewujudkan hubungan erat dengan masyarakat, kata dia, bakti sosial juga sebagai upaya membantu masyarakat saat kebutuhan sembako mengalami kenaikan harga, khususnya pada momen hari-hari besar, misalnya menjelang Idul Adha harga sembako bisa saja mengalami kenaikan seiring meningkatnya permintaan pasar.

“Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan seluruh Polres jajaran se-Indonesia. Kami berharap anggota Polri dapat terus menjaga hubungan harmonis dengan masyarakat,” ujar Joas.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo mengatakan dalam kunjungan kerja Propam Polri di wilayah kerjanya, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan, Propam Polri juga melakukan pemeriksaan internal terhadap personel guna memastikan kepatuhan dan kedisiplinan jajarannya.

“Memang untuk hari ini khusus kegiatan bakti sosial saja, dan beberapa hari waktu lalu kita laksanakan pemeriksaan kedisiplinan personel mulai dari tes urine soal narkoba, administrasi, dan kelengkapan lainnya,” ujar Sabana.

Baca juga: Sinergi Propam Polri dan Pom TNI edukasi prokes waarga Banjarmasin

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024