Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiapkan stok sebanyak 854 ekor hewan kurban untuk disembelih pada saat hari raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Persediaan hewan kurban sebanyak 854 ekor ini terdiri atas hewan sapi, kambing, domba, dan kerbau. Untuk Kabupaten HST mencukupi, dan kemungkinan ini kelebihan ketersediaan dari perkiraan kebutuhan masyarakat saat Idul Adha,” kata BupatI HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Rabu.

Ia menekankan hewan kurban harus tetap terjaga kesehatannya baik sebelum hari raya maupun saat Idul Adha.

“Karen itu saya mengimbau peternak, masyarakat, dan panitia kurban agar selalu memperhatikan kesehatan dan kelayakan hewan ternak yang akan dikurbankan sebelum disembelih,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Bupati HST bersama Dinas Pertanian dan instansi lain melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ke sejumlah hewan ternak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kepala Dinas Pertanian HST Budi Satrya Tanjung mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan secara teliti dan hati-hati guna memastikan tidak ada hewan kurban yang memiliki penyakit berbahaya sebelum disembelih saat Idul Adha nanti.

Ia juga menyatakan pemerintah daerah akan membantu masyarakat untuk memeriksa kesehatan hewan kurban secara ketat, apalagi jika masyarakat memiliki keraguan tentang kondisi hewan kurban maka dapat segera menghubungi bidang peternakan di Dinas Pertanian HST.

Oleh karena itu, dia meminta bagi para peternak agar selalu menjaga kesehatan hewan kurban sebelum disembelih saat Idul Adha.

“Kalau hewan kurban ada tanda-tanda sakit, segera lapor dan hubungi petugas. Jangan dibiarkan,” ujarnya pula.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024