Kandangan,  (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Sektor Kecamatan Daha, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, berharap sekolah perbanyak kegiatan tambahan untuk menghindarkan para siswa dari kegiatan yang tidak bermanfaat seperti narkoba.

Kanit Binmas Polsek Daha Selatan Bripka Fadlianoor di Daha, Senin, mengatakan kegiatan tambahan di sekolah seperti kegiatan pramuka, keagamaan, kesenian dan lainnya, sangat besar manfaatnya untuk para siswa, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut Fadli, saat ini peredaran narkoba di Kalimantan Selatan cukup memprihatinkan, dan banyak menyasar siswa sekolah dan mahasiswa.

Menghindari hal tersebut, tambah dia, pihaknya bersama Kasubsektor/Kapos Pol Daha Barat, Bripka Imam Mulyato, rutin melakukan penyuluhan ke sekolah untuk mencegah peredaran narkoba di sekolah.

Sekolah yang telah didatangi antara lain SMPN 2 Daha Selatan. Para siswa diberikan pengetahuan tentang tentang dampak dan bahaya narkoba.

Menurut dia, masalah peredaran narkoba di daerahnya sangat meresahkan masyarakat, terutama peredaran obat sediaan farmasi berupa zenit. "Berdasarkan data yang ada di Polsek Daha Selatan, sudah banyak pelaku yang ditangkap, bukan hanya laki-laki yang mengedarkan narkoba tapi juga kaum perempuan," katanya.

Para pengedar, tambah dia, bukan hanya menyasar orang dewasa, tapi juga menyasar para pelajar mulai SD hingga SLTA.

Dia mengimbau kepada para pelajar siswa/siswi agar berhati-hati dalam pergaulan, terutama dalam memilih teman jangan sampai terjerumus dalam pergaulan bebas.

"Kalau para siswa sudah terjerumus dalam lingkaran narkoba, maka akan kecanduan, dan apabila sudah kecanduan maka akan sulit untuk bebas dari ketergantungan mengonsumsi narkoba," kata Fadli di hadapan para siswa.

Dia menjelaskan, di dalam obat carnophen/zenit, mengandung bahan-bahan yang akan merusak saraf, dan organ tubuh sepeti jantung, hati dan ginjal.

Akibat pengaruh narkoba, orang bisa melakukan tindakan kriminal seperti mencuri penganiayaan pelecehan seksual bahkan sampai melakukan pemerkosaan dan pembunuhan.

"Sesama teman saja dia bisa bekelahi, bahkan dengan orang tua sendiri dia akan berani membantah dan melawan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kanit Binmas dan Kapospol juga mengimbau agar para siswa/siswi untuk aktif mengikuti kegiatan di sekolah, contohnya kegiatan keagamaan, kesenian kepramukaan dan kegiatan extrakurikuler lainnya yang bermanfaat.

"Tidak kalah penting, agar para siswa/siswi selalu maningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan keimanan dan ketaqwaanlah, kita terhindar dari perbuatan munkar," katanya.

Pewarta: Fathurahaman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016