Bantuan untuk warga atau korban banjir di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, terus berdatangan.

"Bantuan yang kami terima langsung kami salurkan kepada para korban banjir di Satui," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu Sulhadi, di Batulicin Selasa.

Dia mengatakan, bantuan tersebut berupa kebutuhan bahan pokok seperti telur, mie instan, beras, sarden daging ayam, dan perlengkapan dapur lainnya.

Selain kebutuhan bahan pokok, bantuan yang diterima oleh BPBD dan disalurkan kepada korban banjir berupa obat-obatan, air mineral, kasur selimut dan bantal.

"Ada 36 perusahaan dan juga yayasan di Kabupaten Tanah Bumbu telah ikut berpartisipasi membantu para korban banjir di Kecamatan Satui dengan menyerahkan bantuan berupa kebutuhan bahan pokok dan yang lainnya," terangnya Sulhadi.

Selain dari pihak swasta, pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, melalui Dinas Sosial juga menyalurkan bantuan berupak kebutuhan pokok dan yang lainnya

Sebelumnya, pemerintah daerah juga telah membangun posko dan dapur umum sebanyak 11 unit untuk mengakomodir para korban banjir.

"Alhamdulillah kondisi saat ini sudah surut dan sebagian besar para warga yang terdampak banjir mulai beraktivitas kembali seperti biasa," tuturnya.

Di Kecamatan Satui terdapat sembilan desa yang terdampak banjir, yakni Desa Barakat Mufakat, Desa Sinar Bulan, Beruntung Raya, Sungai Danau, Sejahtera Mulia, Sungai Danau Raya, Satu Timur, Makmur Mulia, Satui Barat.

Dari sembilan desa tersebut terdapat 2.993 kepala keluarga atau 9.773 jiwa yang terdampak banjir.

"Alhamdulillah tidak ada korban yang meninggal dunia dan kini kondisi banjir sudah surut, para warga mulai membersihkan rumahnya masing-masing dari kotoran banjir seperti lumpur dan ranting kayu" ucap Sulhadi.
Anggoka kepolisian dan relawan menyalurkan bantuan kepda salah satu korban banjir di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan (11/6/2024) (Antara/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024