Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabuaten Kotabaru menggelar aksi bersih-bersih pesisir atau Pesisir Berseri (Peri) di Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulaulaut Sigam, yang diikuti instansi pemerintah, TNI dan Polri, perusahaan swasta, pelajar, mahasiswa, TPS3R dan warga.  

Kepala Dinas LH Kabupaten Kotabaru, H M Maulidiansyah, mengatakan, kegiatan menjadi salah satu rangkaian Hari Lingkungan Hidup di Kabupaten Kotabaru, dari beberapa aksi lainnya seperti Bersih-Bersih Sungai, Penanaman Pohon dan Mangrove,  bagi-bagi bibit, lomba photo, dan pemberian penghargaan bagi insan lingkungan.

"Kegiatan yang lain seperti, uji emisi gratis, serta puncaknya nanti pada tanggal 13 Juni 2024 sekaligus peresmian Gedung Laboratorium Lingkungan," kata Maulid melalui siaran pers, Sabtu (8/6).

Dikatakan, momen hari ini juga bertepatan menyambut even Kejuaraan Paralayang Tingkat Dunia Seri 3 memeriahkan Hari Jadi ke 74 Kabupaten Kotabaru yang di gelar di Bukit Mamake SJA Hill Kotabaru dan pantai Desa Sarang Tiung ini sebagai lokasi pendaratannya.
 
Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Murdianto, menyambut baik dan mengapresiasi atas dilaksanakannya aksi bersih-bersih pesisir oleh Dinas LH bersama sejumlah elkemen masyarakat.

"Pantai atau pesisir merupakan bagian dari ekosistem lingkungan hidup yang menjadi  bagian terbesar di wilayah Kotabaru  yang masih perlu mendapat perhatian dan dijaga kelestariannya," ujar bupati. 

Pada kegiatan Pesisir Berseri tersebut, selain menggelar aksi mengumpulan sampah, juga diadakan speech campaign dari beberapa perusahaan terkait penanganan lingkungan di perusahaannya masing-masing, yaitu dari PT. Arutmin Indonesia NPLCT, Mubadala Energy, dan PT. Indocement Tunggal Prakarsa, serta kuis berhadiah untuk para pelajar dan mahasiswa.   

Turut berpartisipasi pula dalam aksi Pesisir Berseri ini satuan dari Polair Polres Kotabaru, Babinpotmal Lanal Kotabaru, Kodim 1004 Kotabaru, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kotabaru, Pemerintah Desa Sarang Tiung dan Kecamatan Pulaulaut Sigam,  Politeknik Kotabaru, sekolah tiggi keguruan dan lmu Pendidikan (STKIP) Paris Barantai.

Sekolah tinggi ilmu tarbiyah (STIT) Darul Ulum, SMKN 1 Kotabaru, SMPN 4 Kotabaru, SDN Sarang Tiung, PT. Arutmin Senakin dan NPLCT, PT. ITP Tarjun, Mubadala ENergy, PT. Pertamina, AKR Corporindo SDG International Pulaulaut Refinery, dan lain-lain.

Kegiatan ini diikuti tidak kurang dari 200 orang yang berasal dari instansi pemerintah, BUMN, BUMD, Swasta peguruan tinggi dan sekolah.
 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024