Ketua Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Barito Kuala (KPU Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel) Rusdiansyah mengatakan, angka partisipasi Pemilu tahun 2024 di daerahnya berada pada angka 76 persen. 

"Angka partisipasi Pemilu mengalami peningkatan dibanding Pemilu pada tahun 2019  berada pada angka 74,5 persen," ujar Rusdiansyah, dalam siaran pers disampaikan, Jum'at.

Baca juga: Sekda: Tingkat partisipasi dan kematangan inovasi Batola rendah

Oleh karena itu, Rusdiansyah mengajak,  seluruh stakeholder untuk dapat mensosialisasikan Pilkada Kabupaten Batola tahun 2024 secara masif. 

"Alhamdulillah Pemilu kemarin di Kabupaten Batola berjalan sukses ditandai dengan meningkatnya partisipasi pemilih serta tidak adanya sengketa Pemilu di Mahkamah Konsitusi," terangnya.

Kadiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kalsel Nida Guslaili Rahmadina mengajak,  seluruh stakeholder untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi guna lebih meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala  (Sekda Batola) H Zulkipli Yadi Noor membacakan sambutan Pj Bupati Mujiyat mengatakan, atas nama pribadi dan Pemkab Batola mengucapkan  selamat atas peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala tahun 2024. 

"Agenda penting ini tentunya menjadi momentum demokrasi sangat dinanti oleh masyarakat,” ujarnya.

Dia berpesan, untuk menjaga situasi keamanan selama proses Pilkada berlangsung. 

“Melalui Pemilu dan Pilkada kita memiliki kesempatan emas untuk menyuarakan aspirasi dan memilih pemimpin yang akan mewakili kepentingan bangsa. Mari kita bersama-sama mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Barito Kuala turut berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan selama proses Pilkada berlangsung,’’ pesannya.

KPU Batola meluncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala tahun 2024, di Halaman Gedung Serba Guna Kabupaten Barito Kuala, Kamis (06/06/2024). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Kabupaten Batola,  pimpinan SKPD lingkup Pemkab Batola dan para pimpinan partai politik. 

Pada kesempatan itu diluncurkan juga Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Barito Kuala tahun 2024.

Baca juga: Pemkab HST: Pendidikan politik tingkatkan partisipasi pemilih
 
KPU Batola meluncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala tahun 2024, di Halaman Gedung Serba Guna Kabupaten Barito Kuala, Kamis (06/06/2024).(Antara/HO-Diskominfo Batola)

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024