Balangan, (Antaranews Kalsel) - Anggota Kodim 1001-01 Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalsel, bekerjasama dengan kepolisian sektor setempat membantu warga melewati banjir yang menggenani akses jalan masyarakat sejak Kamis (1/12) pagi.

Plt Koramil 1001-01 Juai, Serma Ponidi mengungkapkan, banjir yang menggenani beberapa wilayah di Kecamatan Juai mencapai ketinggian hingga 50cm.

"Banjir menggenangi di tiga desa, yaitu Desa Lalayau, Mihu dan Bata, yang disebabkan curah hujan yang cukup tinggi diwilayah tersebut," ujarnya.

Sementara untuk memudahkan aktivitas masyarakat khususnya para pelajar, Anggota Koramil bekerjasama denga kepolisian sektor setempat mengerahkan perahu karet dan mobil angkutan untuk membantu warga melewati banjir yang menggenangi jalan utama.

"Jika tidak ada hujan susulan maupun air kiriman dari wilayah atas, khususnya dari Kecamatan Halong, diperkirakan air akan segera surut," jelasnya.

Hingga saat ini, jelas Serma Ponidi, belum ada rencana evakuasi, dan kegiatan masyarakat tetap lancar, ditambah dengan bantuan aparat TNI dan Polri setempat.

"Meskipun begitu, kita akan terus bersiaga jika ada banjir susulan, sehingga memudahkan evakuasi untuk mencegah adanya korban," tutupnya.

Terpisah, Camat Awayan sekaligus Plt Camat Tebing Tinggi Hifziani mengungkapkan, untuk wilayahnya masih dalam keadaan normal, namun ia tetap berharap warga agar terus bersiaga karena wilayah tersebut merupakan langganan banjir dan banjir bandang.

"Untuk saat ini wilayah kami masih aman, namun kita sudah beritahukan kepada warga agar terus bersiaga jika keadaan air mulai dalam, apalagi saat terjadi hujan deras," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016