Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Noor membuka pelatihan pengelolaan arsip dinamis di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Pelatihan ini digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), untuk para pegawai yang menangani kearsipan di berbagai Perangkat Daerah.

"Acara ini kita selenggarakan selama lima hari, dari tanggal 03 sampai dengan 07 Juni 2024, bertempat di Aula II BKPSDM, Kandangan," kata Kepala Bidang PSDM BKPSM HSS Amelia Budiharti selaku panitia pelaksana, mengutip pers release Diskominfo HSS, Selasa.

Baca juga: Sekda HSS: Geoprak Meratus jadi destinasi wisata dukung pembangunan berkelanjutan

Dijelaskan dia, pelatihan diikuti oleh 43 orang yang berasal dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diselenggarakan dalam rangka peningkatan kompetensi ASN yang menangani kearsipan, sehingga penggunaan, pemeliharaan dan penyusutan arsip nisa ditangani dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk nara sumber yang dihadirkan pada kegiatan ini berasal dari BKPSDM Propinsi Kalsel, Dinas Perpustakaan Propinsi dan Kabupaten, serta Bagian Organisasi Setda HSS.

Sekda HSS Muhammad Noor, berharap kegiatan ini akan memberikan dampak yang baik dalam hal pengelolaan kearsipan, sekaligus juga dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Tertib Arsip.

"Hal ini sangat penting, dalam menunjang jalannya administrasi pemerintahan kita di daerah," terangnya.

Baca juga: Sekda HSS buka Festival Panahan Junior Paman Birin Cup 2024

Dan selepas kegiatan ini, menurut dia agar tetap dibuka forum diskusi bagi OPD yang ingin berkoordinasi dengan BKPSDM, apabila ada yang kurang dimengerti, sehingga keberlanjutan pembelajaran terus berjalan dengan baik. Apalagi setiap OPD punya jenis arsip yang berbeda-beda.

Pembukaan ditandai simbolis pengalungan tanda peserta untuk dua orang perwakilan oleh sekda, dan turut berhadir dalam kegiatan ini Asisten Bidang Administrasi Umum, Kadis Perpustakaan Daerah, Staf Ahli dan Kabag Kesra HSS.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024