Komandan Kodim (Dandim) 1001/HSU-Balangan Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan menekankan masyarakat agar menerapkan Pancasila sebagai landasan saat bertindak dan berinteraksi.

“Saat peringatan Hari Lahir Pancasila, saya tekankan kepada peserta upacara dan masyarakat agar bertindak dan berinteraksi menggunakan Pancasila sebagai landasan,” kata Dandim Gunantyo saat memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Balangan, Sabtu.

Baca juga: Dandim 1001/HSU-BLG tindak tegas anggota bermain judi online

Gunantyo menuturkan Pancasila merupakan simbol pemersatu dari segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa saat menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Pada momentum Hari Lahir Pancasila, Dandim mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila pada setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, Gunantyo juga memaknai Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani, agar menjadi ideologi yang bekerja dan kehadiran beserta manfaatnya bisa dirasakan seluruh tumpah darah Indonesia.

Baca juga: Dandim 1001/HSU-BLG tinjau lokasi TMMD ke-120 di Sungai Karias

Gunantyo menambahkan seluruh komponen untuk gotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan setiap 1 Juni ini.

"Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila," imbuhnya.

Upacara tersebut dipimpin Gunantyo yang dihadiri Sekda Kabupaten Balangan, Forkopimda dan para pelajar.

Dengan mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Baca juga: Dandim Gunantyo kunjungi lokasi TMMD ke-120

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024