Penjabat(Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah mengajak masyarakat terus berempati terhadap para lanjut usia (lansia).

Ajakan tersebut disampaikan saat sambutan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Taruna Siaga Bencana (TAGANA) ke-20, yang digelar Dinas Sosial (Dinsos), di pendopo kabupaten setempat.

"Jangan ada kesan menganggap remeh para lansia, karena merekalah yang mewariskan pembangunan ke tangan tangan kita," kata Hermansyah, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Kandangan, Kamis.

Baca juga: Festival P5 SMAN 1 Kandangan tampilkan berbagai kreatifitas seni dan budaya

Menurut dia, sebagai bangsa yang bermartabat, maka harus bisa menunjukkan kepedulian kepada para lansia, pentingnya menghargai dan memperhatikan kesejahteraan para lansia sebagai bagian integral dari masyarakat.

Adapun berbagai kegiatan diadakan untuk merayakan hari istimewa ini, termasuk pemeriksaan kesehatan gratis untuk para lansia, dan pemberian bantuan ATENSI.

Dirangkai teleconference dengan Menteri Sosial Republik Indonesia bersama Kepala Sentra Budi Luhur Banjarbaru, yang menyapa 11 kecamatan yang ada di Kabupaten HSS.

Kepala Dinsos HSS Nordiansyah, mengatakan peringatan HLUN tahun ini mengusung tema "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat", dihadiri berbagai kalangan, termasuk para pejabat pemerintah dan para lansia.

Baca juga: Penjabat Bupati HSS tekankan TP PKK kembang program daerah

Dijelaskan dia, kegiatan peringatan dilaksanakan dengan semangat kebersamaan, dan pihaknya dari Pemkab HSS berkomitmen untuk terus mendukung kesejahteraan para lansia, dan memperkuat kesiapsiagaan bencana melalui Tagana.

"Semoga peringatan ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, khususnya masyarakat kita di HSS agar lebih peduli dan tanggap terhadap isu-isu sosial yang ada di sekitar kita," terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Plt Ketua MUI HSS, Pj Ketua TP PKK HSS, Sekretaris Daerah Kab HSS, Ketua Pengadilan Agama Kandangan, para pejabat di lingkup Pemkab HSS, dan camat se-HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024