Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-120 Kodim 1001 Hulu Sungai Utara/Balangan (HSU-BLG), Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan pelayanan kesehatan (Yankes) secara door-to-door atau mendatangi langsung rumah masyarakat di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah.

Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Selasa, mengatakan yankes door-to-door tersebut berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga desa.

Baca juga: TMMD Kodim HSU-BLG bangun Yankes bagi ibu dan anak

“Pelayanan kesehatan di lokasi TMMD merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Gunantyo menyebutkan selama pelaksanaan TMMD ke-120, tim membuka pelayanan kesehatan pada dua desa, yakni di Desa Sungai Karias dan Desa Karias Dalam.

“Tim kesehatan memiliki kewajiban mendukung pelayanan kesehatan tingkat pertama bagi masyarakat dan Satgas TMMD, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan TMMD,” tuturnya.

Dia menjelaskan pelayanan kesehatan itu juga merupakan bagian tugas TNI selain dari tugas pokok. Tidak hanya door-to-door, tetapi juga siaga di posko TMMD.

Menurut Gunantyo, program sasaran non-fisik tersebut dilaksanakan atas dasar kepedulian TNI terhadap kebutuhan pokok masyarakat dalam menjaga kondisi kesehatan.

“Kami berharap kondisi kesehatan masyarakat di lokasi TMMD ikut terbangun. Karena TMMD tidak hanya memperhatikan pembangunan fisik saja, tetapi juga kondisi masyarakat menjadi perhatian khusus,” ujarnya lagi.

Baca juga: TMMD Kodim HSU-BLG tanamkan budaya hidup sehat bagi masyarakat desa

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024