Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-120 Kodim Hulu Sungai Utara/Balangan (HSU-BLG), Kalimantan Selatan (Kalsel) berupaya menanamkan budaya hidup yang sehat bagi masyarakat di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah.

Satgas TMMD 120 Kodim 1001/HSU-BLG di Balai Desa Sungai Karias, Hulu Sungai Utara, Senin, melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat pedesaan.

“Kami bekerja sama dengan penyuluh kesehatan masyarakat dari Puskesmas Karias, beberapa satgas dan dua orang penyuluh kesehatan memberikan edukasi kepada masyarakat desa tentang pentingnya membiasakan hidup yang sehat,” kata Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan saat meninjau program TMMD 120.

Ia menyebutkan penyuluhan kesehatan merupakan bagian dari program non fisik TMMD, karena selain pembangunan fisik, Satgas TMMD juga dituntut untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat.

“Penyuluhan kesehatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang sehat tentunya,” ujarnya.

Petugas penyuluhan kesehatan masyarakat, yakni Hendri Mulyanoor, dan Kusnul Khotimah dari Puskesmas Karias dibantu oleh Satgas TMMD 120.

Letkol Gunantyo menjelaskan dalam penyuluhan kesehatan ini, tim Satgas TMMD bersama Puskesmas Karias menyampaikan bagaimana masyarakat harus menjaga kesehatan dan apa saja yang harus dihindari terkait dengan kesehatan.

Karena itu, ia berharap masyarakat desa tidak lagi membiasakan pola hidup yang dapat membahayakan kesehatan yang nantinya merugikan diri sendiri.

Menurut dia, masyarakat sangat antusias mengikuti sosialisasi dan edukasi kesehatan itu, bahkan beberapa masyarakat terlibat tanya jawab dengan petugas terkait materi yang disampaikan.

“Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat,” tutur Letkol Gunantyo.

Sementara itu, salah satu peserta yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut, Lina, mengatakan cukup paham dengan topik pembahasan penyuluhan kesehatan yang disampaikan petugas.

“Alhamdulillah setelah saya mengikuti penyuluhan kesehatan masyarakat ini, saya menjadi paham pentingnya masalah kesehatan untuk diri kita sendiri maupun lingkungan,” ujar Lina.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024