Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-120 Kodim Hulu Sungai Utara/Balangan (HSU-BLG), Kalimantan Selatan (Kalsel) membangun pos pelayanan terpadu (posyandu) sebagai fasilitas pelayanan kesehatan (Yankes) bagi ibu dan anak di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah.

Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan di Hulu Sungai Utara, Jumat, mengatakan di desa itu sama sekali tidak ada posyandu sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Baca juga: TMMD Kodim HSU-BLG gali potensi pertanian dan perikanan di lahan rawa

“Dengan dibangunnya posyandu ini, ibu dan anak tidak perlu lagi jauh-jauh ke Puskesmas untuk mendapatkan layanan kesehatan dasar,” ujarnya.

Ia menyebutkan pembangunan posyandu bergotong royong melibatkan Satgas TMMD, Polri, serta masyarakat Desa Sungai Karias agar proses pengerjaan dapat selesai lebih cepat sehingga masyarakat pun dapat segera menggunakan fasilitas layanan kesehatan.

“Program ini berjalan dengan lancar, TNI dan Polri bersama rakyat bahu membahu untuk menyelesaikan berbagai program TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias,” tutur Letkol Gunantyo.

Dia menjelaskan pembangunan sasaran fisik TMMD selain posyandu, juga dibangun sarana lain seperti pembukaan akses jalan, pembangunan sumur bor dan aliran PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih di desa yang sama sekali memang tidak ada fasilitas air bersih, perbaikan rumah tidak layak huni, dan program lainnya.

Letkol Gunantyo menilai pelaksanaan TMMD tidak hanya sukses dalam hal pembangunan saja, nilai paling penting yang terlihat adalah kekompakan TNI dan Polri bersama masyarakat untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di desa yang membutuhkan perhatian dari pemerintah.

Letkol Gunantyo memastikan seluruh tahapan pembangunan baik fisik maupun non fisik akan selesai tepat waktu karena melihat antusias masyarakat serta kolaborasi TNI dan Polri yang selalu hadir meninjau dan terlibat proses pembangunan.

Baca juga: TMMD Kodim HSU pasang enam instalasi listrik bagi warga prasejahtera

“Semoga fasilitas posyandu ini bermanfaat untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak. Secara umum seluruh fasilitas yang dibangun juga semoga bermanfaat bagi masyarakat Desa Sungai Karias,” ujar dia lagi.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Karias Suseno mengatakan berkat semangat gotong royong masyarakat bersama TNI dan Polri, pelaksanaan TMMD di desa itu berjalan dengan baik.

“Selain melaksanakan program pembangunan, TNI dan Polri juga mengajarkan masyarakat desa untuk saling bahu membahu dalam membangun desa. Tentu kami berharap sinergitas ini dapat terus terjalin,” ucap Suseno.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024