Khatib H Hanafi menyatakan, yakin merupakan sumber keilmuan apa saja, dalam khutbahnya di Masjid Al Ikhwan - Jalan Veteran Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat.

"Dengan keyakinan itu pula bisa melahirkan usaha, dan pada gilirannya anugerah kebaikan," ujar khatib yang menyandang gelar "MAG" tersebut.

Mengawali khutbahnya, khatib mengutip Al Qur'an Surah Yusuf ayat (87) yang berisikan larangan berputus asa.

Sudah Yusuf ayat 87 tersebut menceritakan kehidupan Nabi Yacub alaihi salam (as) yang menyuruh anak-anaknya mencari Yusuf (ketika itu masih bocah atau belum Nabi).

"Sebagaimana tersirat dalam Surah Yusuf ayat (87) tersebut Allah melarang hamba Nya berputus asa," ujar Khatib Hanafi.

Ia mengatakan, segala sesuatu yang terjadi dalam hidup dan kehidupan seseorang pada hakekatnya ujian Allah SWT agar iman orang tersebut lebih tebal.

Oleh sebab itu sebagaimana tersirat dalam Surah Yusuf ayat (87) tersebut Allah melarang hamba Nya berputus asa, ujar Khatib Hanafi.
 
Khatib H Hanafi saat khutbah di Masjid Al Ikhwan - Jalan Veteran Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat (24/5/2024). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)
 

Pasalnya dalam kehidupan manusia bagaikan pasang surut yaitu Allah ciptakan kesulitan dan kemudian, lanjut Khatib Hanafi mengutip isi Surat Al Insyirah ayat 5-6.

"Kita sebagai umat Islam jangan merugikan firman Allah tersebut. Karena kalau Dia +Allah) menghendaki pasti terjadi," demikian Hanafi dalam pertama berdorasi sekitar lima menit.

Sebelumnya sebagaimana khatib pada umumnya, Hanafi mengsjak kaum Muslim terutama jamaah Masjid Al Ikhwan tersebut agar senantiasa menjaga serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai bekal kehidupan di alam akhirat kelak

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024