Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menghadirkan pendongeng nasional dari Dogeng Academy Jakarta untuk memberikan pembekalan kepada 50 tenaga pengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kamis, mengatakan pembekalan tenaga pendidik PAUD dirangkaikan dengan kegiatan Inaugurasi Murakata Storytelling Club sekaligus penyerahan acer advanced chromebook dalam booster chromebook learning (BCL) programs 2024 kepada 30 satuan pendidikan dasar dan menengah.

“Murakata Story Telling Club merupakan program training dan mentoring intensif bagi pendidik PAUD yang terpilih dan disiapkan menjadi pendongeng dan trainer yang siap melakukan pengimbasan sehingga menjadi agen perubahan dalam pemenuhan mutu pendidikan usia dini,” ujarnya.

Dia menekankan bahwa storytelling bukan hanya sekedar seni bercerita saja, tetapi juga sebuah keterampilan komunikasi yang sangat penting pada era teknologi maju.

“Melalui kemampuan storytelling yang baik, kita bisa menyampaikan berbagai pesan penting, menginspirasi orang lain, dan membangun hubungan yang lebih kuat baik dalam bidang pendidikan, sosial, maupun budaya,” tuturnya.

Aulia menyatakan pemerintah daerah selalu siap mendukung penuh program ini sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerahnya.

Karena itu, dia meminta para pendidik PAUD dapat memaksimalkan kegiatan murakata storytelling club sebagai sebuah program training dan mentoring intensif, sehingga mampu mencetak para pendongeng hebat yang mampu menginspirasi dan membawa perubahan positif bagi anak-anak PAUD. 

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten HST Cheri Bayuni Budjang mengapresiasi kegiatan yang sudah digagas oleh Dinas Pendidikan Kabupaten HST itu, karena dinilai menjadi suatu kemajuan positif dengan menghadirkan pendongeng nasional yang sudah berkompeten.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada para peserta pembekalan karena sekaligus dikukuhkan sebagai pendidik. Mari kita tingkatkan kolaborasi dalam membangun SDM pendidikan guna menyongsong Indonesia emas pada 2045 kelak,” ujar Cheri.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024