Polsek Batumandi jajaran Polres Balangan, Kalimantan Selatan memastikan langsung ketersediaan bahan pokok dan keamanan pasar aman dalam penanganan inflasi daerah yang terus berlanjut.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya penurunan inflasi dengan memastikan harga kebutuhan pokok di pasaran aman dan masih terkendali,” kata Kapolsek Batumandi Ipda Jimmy Saragih di Balangan, Rabu.

Jimmy menuturkan pengamanan dan pengecekan harga serta ketersediaan barang pokok dilaksanakan secara berkala, yang tujuannya untuk memberikan rasa aman terhadap para penjual, pembeli dan pengunjung pasar.

Jimmy melanjutkan, melalui kegiatan pengecekan tersebut pihaknya juga ingin mengetahui kondisi ketersediaan dan harga bahan pokok sembako serta sebagai bentuk antisipasi permasalahan pada harganya untuk membantu pengendalian inflasi di Balangan.

Kapolsek Batumandi menyebutkan adapun hasil dari kegiatan pengecekan harga pokok sembako, di antaranya untuk bawang merah sudah mengalami penurunan sebesar Rp5.000-Rp8.000 yang saat ini harganya Rp40 ribu per kilogram dan bawang putih juga dengan harga yang sama. 

Sementara harga gula mencapai Rp18 ribu per liter, harga beras mulai dari Rp9.000 per liter hingga Rp16 ribu per liter. Lalu harga daging sapi Rp150 ribu per kilogram, ayam ras Rp33.500 per kilogram dan ayam kampung Rp70 ribu per kilogram. 

“Kami sangat berharap dengan adanya pengamanan dan peninjauan harga bahan pokok, dapat membantu pengendalian inflasi di Kabupaten Balangan dan mencegah adanya “panic buying”, mengingat harga pasar yang masih standar dan ketersediaan barang yang mencukupi,” harap Ipda Jimmy.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024