Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil menambah deretan akreditasi Unggul pada program studi yang kali ini diraih Program Magister (S2) Pendidikan Jasmani pada Program Pascasarjana ULM.

"Selamat bagi Magister Pendidikan Jasmani yang baru saja meraih akreditasi Unggul diterbitkan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK)," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa.

Baca juga: ULM's Internal Medicine Specialist obtains superior accreditation

Iwan mengatakan terbitnya akreditasi Unggul yang merupakan strata tertinggi dalam akreditasi setelah melalui rangkaian penilaian dan asesmen lapangan oleh tim LAMDIK yang merupakan sebuah lembaga bertugas melakukan proses akreditasi di bidang kependidikan.

Status akreditasi Unggul berlaku lima tahun terhitung 2024 hingga 2029 guna menjamin mutu sebuah program studi kependidikan untuk terus meningkatkan dan memajukan pendidikan di Indonesia. 

"S2 Pendidikan Jasmani menyusul Program Sarjana (S1) Pendidikan Jasmani yang terlebih dahulu telah mengantongi akreditasi Unggul, sehingga mahasiswa yang kuliah di prodi pencetak tenaga guru olahraga ini benar-benar terjamin kualitas pembelajarannya," jelas Iwan mewakili Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri.

Iwan menyebutkan pula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ULM sebagai pencetak tenaga guru profesional sudah mengantongi akreditasi Unggul pada 11 program studi dari 21 prodi S1.

Baca juga: KLHK restui ULM kelola KHDTK di Karang Intan jangka panjang

Sedangkan pada 115 prodi di seluruh ULM yang terdiri dari dua program D3, 66 program S1, 25 program S2, enam program profesi, sembilan program S3 dan tujuh program spesialis, 34 di antaranya terakreditasi Unggul atau 29 persen dan empat terakreditasi internasional atau 3,48 persen.

"Saat ini ULM melakukan program akselerasi untuk mendorong prodi-prodi yang potensial bisa meraih akreditasi Unggul dan internasional," ujarnya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024