Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, berkomitmen untuk menyiapkan air bersih 
kepada masyarakat "Bumi Bersujud" secara bertahap.

"Kami bersama PDAM Bersujud telah memasang pasang sekitar kurang lebih 37.000 sambungan air bersih ke masyarakat," kata Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Ambo Sakka di Batulicin. 

Ditambah lagi air bersih dari hasil inovasi reklamasi dari perusahaan. Sehingga persentase air bersih yang bisa di nikmati masyarakat cukup besar.

Dia mengatakan, pemerintah daerah sangat berkomitmen, terutama dalam memperhatikan terkait kualitas hidup masyarakat.

Sekda juga mengajak seluruh masyarakat Tanbu untuk tetap komitmen dalam menjalanai perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup dengan bersih dan bermaksud untuk mencegah manusia bersentuhan secara langsung dengan bahan-bahan kotor dan berbahaya.

Menurut dia, Kabupaten Tanah Bumbu sama dengan kabupaten/kota lainnya, dalam menghadapi persoalan sanitasi dan air minum aman di pemukiman.

Tanah Bumbu memiliki multidimensi, dimana sektor pertambangan dan perkebunan yang cukup mendominasi.

Dalam hal ini pemerintah daerah terus berupaya untuk koordinasi dengan para perusahaan untuk pengelolaan sanitasi khususnya air minum yang aman.

"Dalam hal ini kami telah melakukan intervensi baik secara nasional maupun secara kabupaten. Membutuhkan waktu, terutama dalam mengubah paradigma masyarakat di pemukiman, terkait kebersihan dan kesehatan mencakup sanitasi," tutupnya.

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024