Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Hujan lebat  yang mengguyur sejak Senin (21/11) malam hingga siang hari ini, Selasa (22/11) mengakibatkan banjir  dan ratusan rumah terendam di dua kecamatan yaitu kecamatan Angkinang dan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Perwakilan Kesbangpol HSS Murhan menjelaskan, jumlah rumah terendam di Kecamatan Telaga Langsat antara lain desa Lok Binuang  95 rumah, termasuk satu dapur milik warga Lok Binuang, Rabiah roboh atau rusak berat dan sebuah sekolah SDN Madampa terpaksa diliburkan karena banjir.
 
"Dapur rumah warga yang roboh atau rusak berat, karena posisi rumah berada di tepi sungai dan sebagian lantai rumah sudah mulai terendam,  Ketinggian air terparah di Lok Binuang, Telaga Langsat  hampir sedada orang dewasa",ujarnya.

Banjir juga juga menggenangi  dan merendam puluhan rumah warga di kecamatan Angkinang tersebar di beberapa desa antara lain desa Angkinang 50 Kepala Keluarga, Bamban 9 buah, Lok Nyiur 10 buah dan Kayu Abang 5 buah namun tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir ini.

Kasubbag Humas Polres HSS  AKP Agus Winartono berdasarkan pantuan Polsek terdampak banjir menjelaskan, hasil monitoring terjadinya banjir di Kecamatan Angkinang, disebabkan, debit air  Sungai Hanyar di Desa Angkinang Rt.03 Kecamatan Angkinang  naik dan meluap kepemukiman warga.

"Kedalaman banjir di daerah tersebut mencapai  tiga meter, sehingga air juga meluap sampai  ke jalan," katanya.

Adapun permukiman rumah penduduk yang terendam air akibat banjir antara lain di Jalan A. Yani  Lokdalam Desa Angkinang Rt.01, Jalan Sungai Hanyar Desa Angkinang Rt.03.

Selanjutnya, Jalan A. Yani   Pakumpayan Desa Angkinang Selatan Rt.02/03/04, Jalan A. Yani Desa Bakarung Rt.01, Desa Taniran Selatan Rt.03, Desa Taniran Kubah Rt.01/02.

Air juga meluber ke Desa Kayu Abang Rt.01, Dusun Tibung Desa Bamban Rt.01, Dusun Loknyiur Desa Bamban Rt.02, dan Desa Bamban Utara Rt.01 dan pantauan hingga jam 13.45 Wita air sudah mulai turun.

Ditambahkannya apabila hujan masih terjadi volume debit air Sungai Hanyar akan naik lagi dan juga mendapat kiriman air hujan dari pegunungan Desa Hamak Kecamatan Telaga Langsat.

Bila itu terjadi,  maka  luasan banjir yang merendam rumah warga  rawan terjadi, dan juga bisa menghanyutkan rumah yang berada di pinggir sungai.

Bupati HSS H. Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hj.ST.Erma, dan Camat Angkinang Dian Marliana serta rombongan juga telah meninjau lokasi banjir.

Beberapa wilayah yang dikunjungi yaitu  di desa Pakumpayan, Desa Lok Dalam dan Lok Nyiur Kecamatan Angkinang yang terendam dan melihat Persiapan Dapur Umum yang di lakukan oleh Tim Tagana.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016