Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau yang akrab dengan sapaan Paman Birin menyatakan, proklamasi di Indonesia hanya ada dua.

 

Paman Birin menyatakan itu selaku pembina politik di Kalsel yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota saat selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar provinsi setempat di Banjarmasin, Rabu (15/5/2024).

 

Pada kesempatan berada di Sekretariat DPD Partai Golkar Kalsel tersebut ,Paman Birin menerima berkas pendaftaran bakal calon Gubernur provinsi setempat atas nama Hj Raudhatul Jannah atau Acil Odah.

 

Paman Birin  mengatakan, proklamasi pertama Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Pegangsaan Timur Jakarta, 17 Agustus 1945.

 

Sedangkan proklamasi kedua di Indonesia yaitu Proklamasi 17 Mei 1949 - Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Mandapai - Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) atau pedalaman Pegunungan Meratus Kalsel.

 

Ia  mengungkapkan, Proklamasi 17 Mei 1949 erat kaitannya dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

 

"Pasalnya, Proklamasi 17 Mei yang ketika itu masih dalam satu wilayah Provinsi Kalimantan mendukung tegak dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena sebagaimana sejarah 1949 Indonesia masih berbentuk Republik Indonesia Serikat (RIS)," ungkap Paman Birin.

 

Ia menambahkan, sebagai suatu bangsa yang berbudi luhur selalu tidak melupakan sejarah dan terus berupaya meneruskan cita-cita perjuangan para pendahulu guna terwujudnya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

"Hal itu tidak terkecuali Kalsel dengan Proklamasi 17 Mei tentunya warga masyarakat Banua untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan, serta melanjutkan cita-cita perjuangan para pendahulu yang belum tercapai," demikian Paman Birin.

 

Sebagai catatan, Proklamasi 17 Mei di Mandapai (sekitar 135 km utara Banjarmasin) yang membacakan teks proklamasinya Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan H Hasan Basri yang juga "Bapak Gerilya Kalimantan" kini sebagai Pahlawan Nasional.

 

Dalam rangkaian peringatan ke-75 Proklamasi 17 Mei tersebut Gubernur dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan pelaksana Panggilan TNI-AL Banjarmasin ziarah ke makam Brigjen TNI H Hasan Basri di Liang Anggang Landasan Ulin Kota Banjarbaru, Rabu (15/5/2024).



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024