Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-120 Kodim Hulu Sungai Utara/Balangan (HSU-BLG), Kalimantan Selatan (Kalsel) membangun akses jalan dengan panjang 1.090 meter bagi masyarakat di Desa Karias Dalam, Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Komandan Kodim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan di Hulu Sungai Utara, Sabtu, mengatakan pembukaan akses jalan ini untuk membantu masyarakat agar lebih mudah menjalankan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari.

Baca juga: TMMD Kodim HSU-BLG bangun sumur bor dan PDAM di wilayah kering air bersih

“Kegiatan TMMD tidak hanya fokus pada target penyelesaian saja, tetapi juga memikirkan bagaimana memberikan solusi atas kesulitan masyarakat terkait akses jalan yang selama ini dikeluhkan sehingga dapat kami realisasikan. Maka TMMD harus memberikan kemudahan bagi masyarakat,” ujar Letkol Gunantyo.

Komandan Kompi SSK TMMD 120 Kodim 1001/HSU-BLG Kapten Arm Supiandi mengatakan agar pengerjaan jalan selesai sebelum 30 hari, personel memanfaatkan waktu malam hari untuk lembur, apalagi pada malam hari cuaca cukup mendukung sehingga proses pengerjaan dikebut.

Dia menyebutkan kegiatan pembukaan jalan itu menggunakan alat berat karena harus membangun jalan dengan kualitas yang bagus agar masyarakat dapat menggunakan jalan secara permanen.

Baca juga: TMMD 120 Kodim HSU-BLG perbaiki RTLH di Desa Sungai Karias

Ia juga memantau intens serta ikut terlibat pengerjaan, karena sesuai arahan pimpinan, akses jalan tersebut harus selesai sebelum 30 hari atau berakhirnya program TMMD ke-120.

Kapten Supiandi meminta anggotanya agar memaksimalkan alat berat untuk membangun jalan sebagus mungkin sehingga jika saat kondisi hujan atau musim banjir, jalan tetap dalam keadaan bagus sehingga tidak menyulitkan masyarakat.

“Saya intens memantau agar progres pembangunan jalan dapat segera tuntas. Hingga saat ini tidak ada kendala, kita berharap cepat selesai sebelum penutupan TMMD 120,” ujar dia.

Baca juga: TMMD ke-120 Kodim 1001/HSU-BLG sediakan pelayanan kesehatan untuk warga

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024