Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 1001/HSU menyediakan pelayanan kesehatan untuk warga mulai dari donor darah hingga pemasangan KB implan.

“Pada pelaksanaan TMMD nanti kita menyediakan pelayanan kesehatan yaitu donor darah sebanyak 40 kantong dan pelayanan KB implan untuk 25 warga,” kata Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan di HSU, Rabu.

Gunantyo menuturkan selain pelayanan kesehatan berupa donor darah dan juga pemasangan KB implan, jajaran Kodim 1001/HSU-BLG juga membagikan paket sembako kepada 100 keluarga.

Dandim menambahkan untuk sasaran fisik dari TMMD kali ini mencakup peningkatan infrastruktur pengerasan jalan, penguatan siring jalan dan perbaikan rumah tidak layak huni.

Kemudian pembuatan fasilitas air bersih, rehab MCK, rehab gudang benih, pembuatan lahan ketahanan pangan serta penanaman P
pohon produktif.

Selain sasaran fisik ujar Dandim Gunantyo, juga ada sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang bahaya narkoba, kesehatan, wawasan kebangsaan, hukum terpadu, penanggulangan bencana, pertanian, perikanan dan sosialisasi rekrutmen TNI-Polri.

Sementara itu Pj Bupati Hulu Sungai Utara Zakly Asswan, mengungkapkan bahwa TMMD ini merupakan wujud kerja sama terpadu antara TNI dan pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan di desa.

Menurut Zakly tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat di pedesaan.

“Untuk lancarnya kegiatan ini sangat diperlukan sinergi dan kemanunggalan yang kuat dari semua pihak, termasuk pemerintah desa dan masyarakat setempat,” ungkap Zakly.

Diketahui pada tahun ini TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-120 dilaksanakan di Desa Sungai Karias, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024