Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan menerima kunjungan anggota DPRD Kabupaten Kediri yang ingin belajar tentang pengelolaan perpustakaan agar pelayanan semakin baik.
 
Anggota Komisi I DPRD Banjarbaru Iriansyah Ganie di Banjarbaru, Jumat mengatakan, pihaknya menerima rombongan komisi I DPRD Kediri yang berkunjung ke Banjarbaru, pada Senin (6/5).

Baca juga: Banjarbaru obtains ninth WTP from BPK RI
 
"Kami menerima kunjungan komisi I DPRD Kediri didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah yang menjelaskan berbagai fasilitas dan sarana prasarana di perpustakaan," ujar Iriansyah.
 
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Banjarbaru Slamet Riyadi menyampaikan sejumlah fasilitas dan sarana prasarana yang disiapkan di kantor perpustakaan untuk melayani masyarakat.
 
Menurut Slamet, Pemkot Banjarbaru memiliki satu perpustakaan induk di Jalan Wijaya Kusuma ditambah tiga perpustakaan di kecamatan yang selalu siap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru raih opini WTP ke-9 dari BPK RI
 
"Selain itu, juga ada perpustakaan keliling di pasar dan tempat bermain anak serta tempat khusus membaca di Mal Pelayanan Publik dilengkapi buku konvensional maupun buku digital," ucap Slamet.
 
Dikatakan Slamet, perpustakaan induk juga dilengkapi ruang baca umum yang juga menyediakan akses khusus bagi difabel berupa buku dengan huruf Braille termasuk ruang baca dan ruang bermain anak.
 
"Satu fasilitas yang kami miliki dan mungkin belum ada ditempat lain yakni studio mini dengan kapasitas 50 tempat duduk yang dijadwalkan setiap hari Senin dan Kamis putar film edukasi," tutur Slamet.
 
Ditambahkan Slamet, fasilitas lain yang juga tersedia yakni cafe literasi yang bisa digunakan sebagai ruang baca sekaligus tempat makan dan minum sehingga pengunjung lebih nyaman di perpustakaan.
 
"Kami terus berinovasi agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bukan hanya tempat membaca buku tetapi menjadi sarana interaksi antara orang sehingga disiapkan tempat yang nyaman," katanya.
 
Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Kediri M Lukman berterima kasih atas penjelasan berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang sudah disiapkan Pemkot Banjarbaru di gedung perpustakaan.
 
"Kelebihan gedung perpustakaan yang dimiliki Pemkot Banjarbaru tentu akan kami bawa ke Kediri agar bisa diterapkan sehingga fungsi dan manfaat perpustakaan bisa sesuai dengan keberadaannya," kata dia.
 
Baca juga: Basarnas Banjarmasin-RS Banjarbaru kerja sama pertolongan rujukan

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024