Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Syamsir Rahman menyebutkan Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Kurau merupakan sentral padi dan ternak di kabupaten setempat.

"Kembangkan lah sentral ini lebih jauh ke depan. Daerah lain, seperti Kintap dan Jorong mungkin mengembangkan kekayaan alam yang ada disana," ujar H Syamsir Rahman, selepas menyerahkan bantuan anak itik ke empat desa di Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut, Senin.

Baca juga: KPPN Pelaihari berharap Satker tidak memperoleh temuan BPK-RI

Dia mengatakan untuk Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Kurau, sebagai daerah penyumbang pangan yang nomor satu.

"Tanah Laut ke depan lebih baik, Tanah Laut ke depan harus bisa berjaya. Paling tidak masyarakatnya lebih sejahtera dan lebih  makmur lagi," harapnya.

Lebih lanjut, dia mengemukakan, kalau ada permasalahan pertanian di Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Kurau bisa melapor ke Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Tanah Laut.

Baca juga: KPPN Pelaihari salurkan THR Rp10,09 miliar bagi 1.875 ASN dan non ASN di Tanah Laut

Untuk itu, pinta dia, di dua kecamatan tersebut bisa menciptakan petani milenial untuk meneruskan usaha di sektor pertanian.

"Tanahnya jangan dijual tapi gunakan untuk lahan pertanian," pintanya.

Terpisah, salah satu tokoh warga Tanah Laut Abdul Kadir sangat mendukung upaya Pemkab Tanah Laut memajukan pertanian di Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Kurau.

"Semoga upaya dan motivasi Penjabat Bupati Tanah Laut berhasil," tandas Abdul yang juga menjabat sebagai Waket PD PPM Kalsel ini.

Begitu pula, sambung dia, dukungan dan motivasi Pemkab Tanah Laut terhadap petani milenial di daerah tersebut sangat penting agar pertanian tetap berkelanjutan dan lestari.

Baca juga: TKSK Tanah Laut dampingi 14 ribu PKM penyaluran BPT 2024

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024