Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)  menyalurkan dana hibah tahap dua untuk mendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten HSS Eko Hardjidi Putra di Kandangan, Kamis, mengatakan penyaluran dana hibah untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan pengamanan pemilu dari Dinas Satpol PP dan Damkar kepada Polres HSS dan Kodim 1003 HSS.

"Hibah tahap kedua yang diserahkan kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten HSS mencapai 60 persen dari total dana, KPU menerima Rp22,11 miliar dan Bawaslu menerima Rp7,.88 miliar," ujar Eko.

Baca juga: DPC PKB HSS buka penjaringan bakal calon kepala daerah pilkada 2024

Dijelaskan Eko, Pemkab HSS telah menyalurkan dana hibah tahap pertama pada Oktober 2023 meliputi KPU menerima 40 persen atau Rp14,.74 miliar dan Bawaslu sekitar Rp5,25 miliar.

Sementara itu, Kepala Satpol dan Damkar HSS Auliya Sofi Azmi menjelaskan dana hibah pengamanan Pilkada untuk Polres HSS sebesar Rp2,66 miliar dan Kodim 1003 HSS sebesar Rp1,4 miliar.

Penjabat Bupati HSS Hermansyah mengharapkan tahapan Pilkada dapat dilaksanakan dengan lancar dan aman setelah penyaluran dana hibah selesai.

Baca juga: Bupati HSS ingatkan netralitas aparat desa hingga BPD dalam pemilu

“Kita berharap prosesnya dapat berlangsung kondusif dan demokratis, sehingga terpilih pemimpin terbaik untuk Kabupaten HSS,” tuturnya.

Kepala Badan Kesbangpol HSS Eko Harjidi Putra, bersama Ketua KPU HSS Gusriadi, dan Ketua Bawaslu HSS Hasnan Fauzan disaksikan Penjabat Bupati HSS menandatangani nota perjanjian hibah daerah (NPHD).

Turut hadir pada acara itu antara lain Ketua DPRD HSS Haji Akhmad Fahmi, Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu, dan Dandim 1003 HSS Letkol Inf Bayu Oktavianto Subdibyo.

Baca juga: DPRD HSS dukung pembentukan perusahaan daerah dan dana cadangan Pilkada

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024