Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah memberikan hadiah kejutan untuk para santri yang hafal Al-Qur'an, dalam rangkaian khataman Al Qur'an BKPRMI di Angkinang.

Khataman Al-Qur'an para santri TKA/ TPA di gelar KBU BKPRMI Kecamatan Angkinang, dilaksanakan di Mesjid Jam'iyatul Faidzin Desa Tawia diikuti seluruh santri dan santriwati se-Angkinang yang telah khatam Al-Qur'an.

"Saya mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini oleh para ustadz dan ustadzah BKPRMI Kecamatan Angkinang," kata pj bupati mengutip pers release Diskominfo HSS, Selasa.

Dijelaskan dia, ini sebagai bukti bahwa pembinaan di BKPRMI memang luar biasa dan terus tak berhenti, dalam mendidik anak-anak pandai membaca Al-Qur'an.

Baca juga: Pemkab bagikan dana hibah 10 TKA/TPA di HSS

Pemkab HSS sangat berkepentingan dengan pendidikan Al-Qur'an bagi para santri, karena mereka harapan dan tunas muda perlu dibekali kemampuan membaca Al-Qur'an, sebuah pelajaran wajib dalam agama Islam.

"Dan ini sangat sejalan, untuk menjadikan daerah kita sebagai daerah yang religius," ungkapnya.

Namun juga dirinya memesankan bahwa khatam Al-Qur'an bukan berarti berhenti membaca, namun terus melakukan selama hidup.

Dalam kegiatan itu, pj bupati dan Pj Ketua TP PKK HSS Rusnawati spontan memberikan hadiah dadakan bagi para santri dan santriwati, yang berani menerima tantangan membacakan beberapa surah pendek dan hafalan.

Hal ini terjadi saat Ustadz M. Ubaidillah yang juga selaku Ketua II BKPRMI HSS memberikan tausyiah, sehingga para santri ini pun antusias dan berebut untuk menerima tantangan tersebut.

Baca juga: LPPTKA-BKPRMI HSS gelar wisuda ke-36 santri TK/TP Al Qur'an

Juga turut diserahkan sertifikat dan hadiah kepada tiga orang santri dan santriwati yang terbaik, dalam pelaksanaan munaqasah yang telah dilaksanakan dari tanggal 21 April yang lalu.

Bahkan, ditambah menjadi 10 orang terbaik, dengan diberi hadiah uang penghargaan masing-masing Rp250 ribu.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua KBU BKPRMI Kecamatan Angkinang Suhartono, melaporkan khataman kali ini diikuti sebanyak 107 peserta, terdiri atas 47 orang santri dan 60 orang santriwati.

Ditambahkan dia, total santri yang ada di Kecamatan Angkinang saat ini sebanyak 1.180 orang, yang terbagi dalam 16 Unit TKA/ TPA, dengan pembimbing ustadz dan ustadzah pengajar berjumlah 100 orang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024