LPP TKA/ TPA BKPRMI Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar wisuda ke-36 santri TK/TP Al-Qur'an LPPTKA-BKPRMI Tahun 2023/ 1444 Hijriyah, diikuti 828 santri, di Ruang Induk Masjid Ath-Thahiriyah, Desa Pasungkan, Kecamatan Daha Utara, HSS.

Bupati HSS H. Achmad Fikry di Pasungkan, Sabtu, mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS mengucapkan selamat kepada para santri santriwati yang hari ini melakukan wisuda.

“Sekaligus kami mengajak agar menjadikan momentum wisuda dapat menambah kecintaan baca tulis Al-Qur'an, dan pada gilirannya mengamalkan isi kandungan Al Qur'an,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab HSS santuni ratusan anak yatim di peringatan 10 Muharram

Pihaknya berterima kasih kepada pengelola, para ustadz dan ustadzah yang selama ini penuh dengan perhatiannya dalam membimbing para santri, sehingga hari ini bisa menghasilkan 828 santri-santriwati yang diwisuda.

Mendidik para santri dari hal yang kecil, misalnya pada saat qari atau qariah membaca Al-Qur'an semua santri itu diam, pertanda bahwa proses pendidikannya berjalan dengan baik.

"Kepada para orang tua kami berharap selesai wisuda bukan akhir segala-galanya, kita dapat terus mendorong kepada anak-anak kita setelah wisuda hari ini bisa lebih memahami, mendalami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Adapun dari 828 orang santri tersebut terdiri dari 346 orang santri dan santriwati 482 orang yang berasal dari sembilan kecamatan, adapun kegiatan ini mengambil tema "Mewujudkan Generasi Beriman, Bertaqwa, Jujur, Arif, Ramah, Sabar dan Tulus”.

Baca juga: KKG PAI HSS bagikan santunan peringati hari besar Islam

Ketua DPW BKPRMI Provinsi Kalimantan Selatan H. Hermansyah, mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi karena Kabupaten HSS adalah Kabupaten di Kalsel yang melaksanakan wisuda terpusat, dan dengan banyaknya jumlah santri yang mengikuti wisuda kali ini ada 828 orang.

“Ini adalah hal yang sangat luar biasa dan membuktikan bahwa pendidikan Al-Qur’an akan terus membumi di Kabupaten HSS, meskipun di masa pandemi COVID-19 dulu dengan menghasilkan santri wisuda begitu banyak hari ini,” terangnya.

Ditambahkan dia, generasi muda selain memiliki dimensi intelektual juga harus memiliki dimensi spiritual, tidak hanya intelektualnya saja yang bagus, tapi spiritual agar terbentuk dengan bagus pula.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023