Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, Kalimantan Selatan H Rahmi bersyukur selama lebaran dan libur lebaran tidak ada bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Balangan.

“Alhamdulillah sejak awal Ramadhan hingga hari raya dan libur bersama kejadian bencana di Kabupaten Balangan terbilang nihil alias tidak ada kejadian,” kata Rahmi di Kabupaten Balangan, Selasa.

Baca juga: BPBD Trenggalek identifikasi 541 rumah terdampak banjir-longsor

Menurut Rahmi hal tersebut tidak terlepas dari peran BPBD Balangan dalam memberikan informasi serta imbauan kepada masyarakat terutama terkait musibah kebakaran dan lainnya, sehingga selama Ramadhan masyarakat khusyuk dan khidmat dalam beribadah.

Rahmi menuturkan sedari awal pihaknya sudah mengantisipasi kepada masyarakat melalui imbauan yang disebarluaskan melalui media sosial di BPBD Balangan.

Kalak BPBD Balangan melanjutkan, hak tersebut juga didukung oleh kesadaran masyarakat yang terus memahami tentang pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana, terutama saat Ramadhan tadi.

Selain itu saat menjelang lebaran dan libur bersama kemarin, BPBD Balangan juga kembali melakukan imbauan kepada masyarakat tentang kewaspadaan bencana terutama kebakaran, yang juga disebarluaskan melalui medsos serta juga dalam acara “Baarak Tanglong”.

"Karena saat kegiatan Baarak Tanglong dilaksanakan banyak sekali warga berkumpul, dari situ kita juga melakukan imbauan kepada masyarakat yang berhadir agar selalu waspada terhadap potensi bencana baik itu kebakaran ataupun hal lainnya," ujar Rahmi.

Rahmi menambahkan dengan demikian dia sangat bersyukur, melalui usaha tersebut Allah SWT memberikan kenyamanan dalam beribadah tanpa adanya kejadian bencana.

Terakhir dia berharap suasana ini terus pihaknya tingkatkan agar ke depannya kejadian-kejadian bencana dapat diwaspadai sejak dini, sehingga tidak terjadi bencana yang diinginkan.

Baca juga: Residents do not feel a jolt of 3.3M quake: Kotabaru BPBD

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024